Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Terhadap Siswa

Dampak Teknologi Terhadap Prilaku Siswa - Hallo sahabat pembaca semua apa kabarnya? semoga selalu semangat untuk belajar. Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba memberikan sebuah materi yang banyak sekali dibutuhkan oleh kalangan pelajar maupun pendidik.

Dengan berkembangnya teknologi masa kini banyak sekali dampak positif dan negatif yang dirasakan,mungkin setiap orang pun merasakan dampak tersebut,tak hanya pembaca semua,penulis pun merasakan dampak dari tehnologi tersebut. Oleh karena itu penting sekali kita mengetahui dampak positif dan negatif dari tehnogi. Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba menguraikan “Dampak Positif dan Negatif Teknologi Terhadap Prilaku Siswa”. Mari kita simak penjelasan dibawah ini:

dampak positif dan negatif teknologi terhadap pelajar
dampak teknologi bagi pelajar

Dampak Positif Teknologi Bagi Siswa


1. Adanya Media Massa, khususnya Media elektronik Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah.

Dengan adanya hal ini,Guru bukan lagi menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan bagi siswa, Siswa tidak lagi terpaku dengan penjelasan dari guru  tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet. Disinilah tugas seorang guru bukan hanya sebagai pendidik, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, supaya siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajarannya.

2. Adanya langkah-langkah pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran disekolah.

Dengan adanya kemajuan Teknologi masa kini banyak tercipta langkah-langkah pembelajaran baru. Dengan bantuan teknologi siswa dapat mencari berbagi sumber informasi.. yang dapat membantu siswa untuk memahami materi secara mudah.

3. Proses pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. 

Proses pembelajaran yang kita kenal selama ini adalah adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka secara langsung, tetapi dengan adanya kemajuan teknologi,proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga  menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.

4. Sistem pengolahan data  menggunakan  Teknologi. 

Dengan berkembangnya teknologi memudahkan kita dalam melakukan pengolahan data, Pekerjaan-pekerjaan yang dulu dikerjakan dengan manual namun kini sudah tidak lagi. Pekerjaan yang dulu memakan waku yang lama dalam penyelesaianya kini menjdi cepat dan akurat dengan bantuan teknologi seperti,komputer yang dapat mengolah data dengan menggunakan program-program yang ada dalam komputer tersebut.

5. Pemenuhan  kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat. 

Di dalam Proses pendidikan tentu banyak hal yang harus dipenuhi dan disiapkan,yaitu seperti penggandaan soal semester,penggandaan Nomor Ujian,dan berkas-berkas lainya,untuk proses penggandaan tersebut kalau dilakukan dengan proses manul tentu akan memakan waktu yang lama dan sulit,namun dengan adanya teknologi seperti mesin pengganda atau sering disebut dengan mesin fotocopy penggandaan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.


Dampak Negatif Teknologi Bagi Siswa


Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain: 

1. Siswa menjadi malas untukl belajar.

Dengan adanya teknologi seharusnya dapat digunakan untuk belajar dan mencari informasi,namun siswa sering kali menjadi malas untuk belajar,tetapi malah menggunakan laptopnya untuk bermain game,facebook,WhatsApp,BBM dan lainya sebagainya. Sehingga akan berpengaruh  terhadap prilaku siswa tersebut.

2. Terjadinya pelanggaran Asusila.

Dengan adanya Perkembangan IPTEK malah banyak disalah gunakan banyak terjadi kejadian asusila dikalangan pelajar dan di masyarakat,seperti contohnya terjadi tawuran antar pelajar,pemerkosaan terhadap siswa,pembunuhan dan lain sebagainya.

3. Media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar. 

Dengan adanya media masa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK ,akan dapat menimbulkan dampak dan prilaku yang meyimpang. Seperti adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk bermain game,PS dan sebagainya. Sehingga waktu mereka terbuang dan habis sia-sia, akhirnya akan berpengaruh bagi para siswa dan akan timbulnya kemrosotan prilaku siswa.

4. Munculnya langkah-laangkah pembelajaran  baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas

Dengan adanya kemudahan IPTEK sering disalah gunakan dalam proses pembelajaran,misal seperti contoh ketika siswa disuruh membuat makalah,mereka tak perlu pusing-pusing lagi membuatnya secara manual,cukup dengan mengakses di internet. Namun ini akan membuat siswa menjadi malas untuk berfikir dan berusaha.

5. Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam dan tidak aman

Selama ini sering kita melihat dan mendengar di acara TV,Koran dan media masa lainya,bahwa soal ujian kerap kali bocor,karena dengan adanya kecanggihan teknologi ini banyak sekali oknum-oknum yang menyalah gunakan untuk mengakses berbagai sumber informasi melalui internet,sehingga naska ujian kerap kali mengalami kebocoran,hal ini membuat resah khususnya bagi pemerintah.

6. Penyalahgunaan teknologi bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.

Pada awalnya teknologi ditujukan untuk mempermudah sistem komunikasi dan pekerjaan,namun dalam hal ini banyak disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,Seperti contoh seorang sengaja melakukan tindakan kriminal dengan cara mengheker sistem sebuah kantor atau perusahaan,dengan begitu akan mendapatkan keuntungan,tak di pungkiri pada era semakin canggihnya teknologi masa kini,hampir semua data sebuah instasi dilakukan dengan sistem online melalui internet,sehingga para haker pun dengan mudah akan melacak data tersebut.

  
7. Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi. 

Dengan berkembangnya teknologi dan kecanggihanya mempunyai pengaruh buru yang besar untuk perkembangan generasi bangsa, Saat ini banyak kita lihat dampak yang timbul dikalangan anak-anak
Dianatara yaitu:

  1. Komputer
  2. Handphone
  3. I-Pad
  4. MP4 player
  5. Game Console
  6. Media tontonan seperti Televisi dan Film

Akan berdampak tidak baik terhadap anak jika mereka sering menggunakannya secara tidak tepat, Alat-alat tersebut akan berdampak buruk dan membuat penggunanya kecaduan.untuk selalu menggunakannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Anak cendurung malas belajar dan malas untuk bergaul dengan linngkungan sekitarnya,mereka memilih bermain komputer atau game didalam rumah.

8. Pengaruh buruk  lewat internet. 

Melalui jejaringan internet kita akan dapat mengetahui banyak informasi dan pengetahuan yang bermanfaat,sangat diajurkan sekali untuk dapat mengakses internet.
Namun disalah gunakan dengan mengakses beragam hal-hal negatif seperti seks,kriminal dan lain sebagainya. 


Demikianlah penjelasan DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TEKNOLOGI TERHADAP PRILAKU SISWA,semoga dapat bermanfaat ya! 

0 Response to "Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Terhadap Siswa"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel