Penjelasan Lengkap Tentang Asal Usul Uang Kertas Dan Uang Logam Di Indonesia

Asal-Usul Uang Kertas Dan Uang Logam ~ Halo sahabat pembaca semua,pada kesempatan kalipenulis akan membahas kembali uang,seperti yang kita ketahui uang merupakan sebuah alat yang digunakan untuk pembayaran,dan bertukar jasa atau barang. Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai asal usul uang mari kita simak penjelasan dibawah ini.

penjelasan tentang uang
asal-usul uang

Apa Itu Uang Kertas dan Uang Logam


Meskipun manusia telah menemukan uang alat tukar,yakni menggunakan benda-benda menarik atau berharga,ternyata manusia masih menemukan banyak sekali kesulitannya?kesulitan-kesulitan dari benda yang dijadikan alat tukar adalah sebagai berikut:

  1. Benda yang dijadikan alat tukar tidak memiliki pecahan sehingga masih sulit untuk menentukan nilai uang.
  2. Susahnya memelihara dan menyimpan benda tersebut. Adakalanya benda tersebut rusak,patah atau busuk (seperti beras).
  3. Susahnya mengangkut alat tukar tersebut ,terutama dalam jumlah besar.
  4. Benda-benda yang dijadikan alat tukar tidak tahan lama sehingga sulit untuk menabung.
  5. Tidak semua mau menerima benda yang dijadikan alat tukar sehingga sulit mengadakan perdagangan.

Atas dasar kesulitan-kesulitan tersebut,manusia menginginkan adanya suatu alat tukar yang memiliki sifat berikut:
  • Digemari umum
  • Tahan lama dan tidak mudah rusak.
  • Mudah dipecah tanpa menguramgi nilai
  • Mudah dipindah-pindahkan


Berdasarkan syarat-syarat tersebut,muncullah pilihan untuk menjadikan  logam sebagai alat tukar. Adapun logam yang dianggap memenuhi syarat adalah logam emas dan perak.uang logam emas dan perak disebut juga sebagai uang penuh.mengapa demikian?itu karena nilai bahannya atau nilai intrinsiknya sama dengan nilai yang tercantum pada mata uang tersebut (nilai nominal).

Tahukah kamu,dimanakah dan siapakah penemu uang logam pertama itu?
Penggunaan emas dan perak berbentuk koin sebagai alat tukar ,pertama kali ditemukan didaerah Lydia Asia Minor (sekarang wilayah turki) sekitar abad ke -6 sebelum Masehi, Diyakini dibuat pada masa pemerintahan Raja Croesus,seorang raja terakhir Kerajaan Lydia di Asia kecil,pada masa it telah ada perindustrian dan perdagangan.

Bagaimanakah asal-usul pembuatan Uang ?


Tahukah kamu ?pembuatan uang logam yang pertama dibuat oleh penduduk Lydia,di asia kecil. Atas ide merekamembentuk elektrum atau campuran emas dan perak  kedalam cetakan berbentuk kacang,kemudian cetakan itu dicapnya dengan lambang pejabat ,ukuran dan kemurnian uang logam ditimbang dengan ukuran tertentu,hasilnya luar biasa. Koin logam yang pertama langsung diminati banyak orang.

Beberapa waktu kemudian,bangsa Yunani mulai memuat berbagai macam uang logam atau uang koindengan gambar yang menarik sehingga banyak yang mengganggap Yunani adalah bangsa penemu uang logam pertama didunia.

Pada tahun 550 SM> praktikmmembuat koin telah sangat mapan dan uang logam telah diterima secara luas dalam perdagangan dunia.

Pada abad ke 9 pencetakan koin di eropa mulai kacau setelah jatuhnya kaisar Roma Charlemage . Oleh karena itu ,sepanjang abad pertengahan masyarakat mencetak koin secara bebas tanpa mengindahkan perizinan. Baik itu para raja maupun rakyat jelata.

UANG KERTAS

Bagaimana dari uang logam kemudian beralih menjadi uang kertas?
Seiring dengan perkembangan zaman dan perekonomian ,uang logam dirasa masi memiliki kekurangan yakni:
  1. Terbatasnya persedin emas dan perak,sementara kebutuhan penggunaan uang logam bertambah.
  2. Penggunaan uang logam dalam jumlah yang banyak meyulitkan transaksi barang terutama saat pengangkutan dan penyimpanan.


Atas dasar itulah,lahirlah uang kertas yakni uang yang terbuat dari kertas. Uang kertas telah memiliki syarat-syarat sebagai uang,yakni digemari,mudah dibawa,dan dibayarkan serta dapat disimpan atatu tahan lama.

Siapakah yang pertama kali menciptakan uang kertas?
Bangsa cina adalah bangsa pertama yang menciptakan dan menggunakan uang kertas,yakni abad pertama masehi pada masa Dinasti Tang.mula-mula dicoba pada tahun 900 m dan resmi dipakai tahun 970 M. 

Demikianlah penjelasanya,semoga dapat membantu dan bermanfaat ya...


0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang Asal Usul Uang Kertas Dan Uang Logam Di Indonesia"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel