Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Paling Lengkap

Cerpen Karya: Ibrahim H                       ARDIY SANG PELOPOR


Setiap hari Ardiyanto telaten menyiram dan merawat tanaman kangkungnya. Walaupun musim kemarau seperti sekarang dia sangat rajin setiap pagi dan sore hari menyiram tanamannya. Sebelumnya, ia selama lima tahun merantau ke Bandung bekerja sebagai tukang bangunan, tetapi karena penghasilannya tidak mencukupi kemudian ia memutuskan untuk pulang kampung.

Di kampungnya ia berusaha bangkit dari krisis yang melanda seperti sekarang ini, ia berniat akan membuka lahan pertanian yang akan ditanaminya berbagai macaam sayuran seperti kangkung, kacang panjang, terong, sawi dan lain-lain. Pada tahap pertama ini dia akan mencoba menanam kangkung terlebih dahulu karena dia merasa kalau menanam kangkung panennya tidak terlalu lama, dia menanamnya di lahan bekas sawah milik saudaranya di gunung yang sudah lama tidak di kelola atau dibuka. Pada tahap awal  pengolahan lahan dia dibantu oleh Ayahnya untuk membajak tanah agar gembur  dan enak di tanami kangkung sehingga tanahnya menjadi subur.


Contoh Cerpen
Contoh Cerpen


Setelah tanah dibajak dan di olah, sekarang lahannya siap untuk ditanami diapun menyiapkan alat tajuk dan bibit yang akan ditanam di lahan. Setelah proses penanaman selesai setiap hari bibit kangkung yang telah dia tanam tadi di siram setiap pagi dan sore hari. Karena kalau tidak di siram pertumbuhannya kurang bagus dan batangnyapun menjadi kurus.

  Kini Dia tinggal merawat tanaman kangkungya agar dapat mendapatkan hasil melipah, oleh karena itu Dia bersama Ayahnya sangat rajin membuang gulma atau tanaman pengganggu di sekitar tanaman kangkungnya. 

Akhirnya, tibalah musim panen  yaitu kurang lebih selama delapan belas hari musim tanam, dia sangat senang sekali melihat hasil kerjanya sangat melimpah dan banyak, secara telaten dia mengumpulkan setiap tanaman kangkung yang telah dia cabut dari tanahnya. Kemudian Dia ikat agar rapi dan siap di kirim ke pasaran. Demikianlah cerita singkat tentang pengalaman seseorang yang gagal di perantauan tetapi berhasil di kampungnya sendiri. 

0 Response to "Contoh Cerpen (Cerita Pendek) Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel