Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Operservasi - Halo sahabat pembaca semua,apa kabarnya?semoga tetap semangat belajarnya. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas materi tentang contoh observasi, untuk sahabat semua yang masih membutuhkan contoh dalam penulisan observasinya artikel yang penulis sajikan ini sangatlah cocok se.bagai sumber refrensi. Berikut penjelasannya.



A. Pengertian Teks Observasi

Teks observasi adalah teks yang menjelaskan suatu informasi yang berkaitan dengan hewan, tumbuhan, fenomena sosial, alam, dan hal-hal yang bersifat umum lainnya. Selain itu bisa juga tentang seni dan budaya dan lain-lain. Agar lebih jelas pembagian teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut. Fenomena Alam: Hewan, Tumbuhan, dan Keadaan lingkungan; Fenomena/Peristiwa Budaya: bahasa, seni, adat istiadat; Kondisi Sosial: transportasi, hukum, pendidikan. 

Tujuan dari teks observasi adalah untuk memberikan informasi tentang klasifikasi suatu hal berdasarkan fakta sebagi hasil dari pengamatan secara sistematis dan objektif. Serta untuk memecahkan suatu permasalahan. Baiklah dibaca ya contoh teks Laporan hasil observasi di bawah ini:

Penyebab Gempa Bumi

Apabila terjadi gempa, bumi terasa berguncang, bukan? Memang hanya guncangan yang hanya kita rasakan atau kita lihat. Namun jika dilihat dari guncangannya gempa bumi terbagi menjadi dua yaitu gempa vulkanik yang disebabkan letusan gunung berapi dan gempa tektonik yang disebabkan pergeseran lempengan kulit bumi. 

Gempa vulkanik terjadi ketika gunung akan meletus, biasanya akan ada getaran-getaran di sekitarnya. Hanya saja kerusakannya tidak parah, ciri lain dari gempa bumi vulkanik adalah bisa terjadi berkali-kali, dapat sampai puluhan bahkan ratusan kali guncangan. Hal itu terjadi seberapa lama aktivitas gunung berapi itu terjadi.

Adapun gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan aktivitas tektonik dimana terjadi pergeseran lempeng bumi yang mengakibatkan tubrukan atau patahan lempeng bumi. Jika lempeng itu mengalami patahan akan terasa guncangan yang sangat hebat. Menurut ilmu bumi (geologi), bumi terdiri dari lempengan-lempengan yang sangat besar atau raksasa. Lempengan-lempengan itu terus bergeser secara perlahan-lahan, hasil dari pergerakan itu sering terjadi tubrukan atau patahan atau pergeseran, dapatlah kita bayangkan apa yang akan terjadi jika lempengan itu bertabrakan atau patah atau bergeser. Maka akan terjadi guncangan yang hebat di permukaan yang kita rasakan.

Umumnya gerakan-gerakan tersebut lambat (kurang lebih 0-15 cm per tahun) dan tidak dapat dirasakan oleh manusia. Terkadang lempengan tersebut bergeser atau saling mengunci sehingga terjadilah gempa bumi karena lempengan tersebut tidak tahan lagi menahan beban dari lapisan lainnya yang saling menekan. Hasil dari pergerakan itu dapat menyebakan berubahnya susunan kulit bumi, baik secara mendatar, maupun secara vertikal.

Demikianlah penjelasan Tentang Teks Observasi semoga dapat bermanfaat bagi sahabat pembaca semua. Terimaksih

0 Response to "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel