Jenis Dan Contoh Karangan Paling Lengkap

Jenis Dan Contoh Karangan - Pembaca  yang Budiman kali ini penulis akan membahas tentang lima jenis karangan yang ada dalam Bahasa Indonesia. Sebelum saya jelas kan lebih lanjut saya akan menjelaskan tentang pengertian karangan. Karangan adalah karya tulis yang dibuat oleh pengarangnya untuk mengungkapkan ide atau gagasannya lewat tulisan kepada pembaca. Berdasarkan tujuannya jenis-jenis karangan terbagi menjadi lima yaitu, karangan narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasu, dan persuasi. Berikut penjelasnnya lebih lanjut disimak yaa!
Jenis Dan Contoh Karangan Paling Lengkap
Jenis Dan Contoh Karangan Paling Lengkap


1. Karangan Narasi

Karangan narasi adalah karangan yang berbentuk cerita yang ditulis berdasarkan urutan waktu peristiwa atau kejadiannya, yang dimlai dari perkenalan, pemunculan masalah, konflik, dan penyelesaian masalah. Adapun ciri-ciri karangan narasi adalah sebagai berikut:
- Menyajikan suatu cerita berupa berita, pengalaman yang menarik.
- Disajikan dengan urutan yang jelas
- Ada konflik dan tokoh dalam karangannya
- Mempunyai setting/latar dengan jelas
- Bertujuan menghibur pembaca
Contoh kalimatnya: pada suatu hari Aku  berjalan-jalan di pasar, tiba-tiba aku melihat dari kejauhan sosok anak kecil yang sedang menangis duduk di trotoar jalan tempatku berdiri….

2. Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi adalah suatu karangan yang menggambarkan atau melukiskan suatu objek tertentu dengan tujuan untuk mengajak pembacanya seolah-olah  merasakan, melihat, mendengar langsung apa yang diceritakan pengarangnya. Ciri-ciri karangan deskripsi adalah:
- Melukiskan objek tertentu secara jelas
- Melibatkan panca indera pembacanya
- Metode penulisannya menggunakan cara objektif, subjektif atau kesan penulisnya.

Contoh kalimatnya: saya mempunyai ayam berwarna merah kecoklat-coklatan, ayamku sangat suka sekali makan jagung yang setiap sore hari aku tebarkan di kandangnya…

3. Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi adalah karangan yang berusaha menjelaskan atau memaparkan tentang suatu objek atau peristiwa kepada pembacanya. Ciri karanganya yaitu: memberikan informasi kepada pembacanya, informasinya berdasarkan fakta atau data yang banar kejadiannya, menjelaskan tentang suatu proses dari tema yang di bahas. 

Adapun contoh kalimatnya adalah sebagi berikut: Pisang adalah tanaman tropis yang mudah tumbuh di Indonesia tanaman ini termasuk tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti untuk mengobati sakit kepala dan lain-lain….

4. Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi pendapat penulis tentang suatu hal. Tujannya untuk meyakinkan pembacanya agar mempunyai pandangan yang sama dengan penulis. Ciri dari karangan ini adalah adanya pendapat penulis menganai topi yang dibahas, pendapat-pendapat itu disertai dengan fakta, atau data seperti gambar, bagan dan lain-lain, bertujuan untuk meyakinkan pembacanya, penulis berusaha menghindari keterlibatan emosi dalam menyampaikan pendapatnya. 

Contoh: Salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah smartphone, yang sangat pesat sekali perkembangnnya. Perlu diketahui pembaca budiman bahwa telephone genggam ini telah membaut orang malas karena membuat orang jarang ketemu dengan tetangga apalagi ada aplikasi-aplikasi canggih yang membuat pemakianya terlena….

5. Karangan Persuasi
Karangan persuasi adalah karangan yang berisi ajakan kepada pembacanya untuk melakukan atau mempercayai tentang suatu hal. Karangan ini juga disertai pendapat-pendapat penulis yang bias dibuktuikan agar pembaca yakin dengan apa yang disampaikan oleh penulisnya. Ciri dari karangan ini adalah: bersifat mengajak pembacanya, memiliki bukti yang kuat untuk meyakinkan pembacanya, berusaha menghindari konflik agar pembacanya tidak  hilang kepercayaan. 

Contoh : Mari kita jaga lingkungan agar bersih dan terhindar dari penyakit, dengan tidak membuang sampah sembarangan baik ke sungai maupun  ke jalan raya budayakan hidup bersih dan cintai lingkunganmu….

Demikianlah pembahasaan tentang Jenis dan Contoh Karang semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Jenis Dan Contoh Karangan Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel