Kaidah Laporan Hasil Observasi Paling Lengkap

Kaidah Laporan Hasil Observasi - Hai sobat pada artikel kali ini penulis akan membahas tentang kaidah teks laporan hasil observasi simak ya penjelasannya.
Berdasarkan strukturnya, teks laporan hasil observasi dibentuk oleh pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Adapun secara kebahasaan, teks tersebut memiliki karakteristik sebagai berikut. 

Kaidah Laporan Hasil Observasi Paling Lengkap
Kaidah Laporan Hasil Observasi Paling Lengkap

 Langkah - Langkah Dalam Observasi


1.Banyak menggunakan kata benda atau peristiwa umum sabagai objek pemaparannya. Contoh:  tarian, peristiwa banjir, gempa bumi, musik tradisional, dan bencana alam.

2.Banyak menggunakan kata kerja material atau kata kerja yang menunjukkan tindakan suatu benda , binatang, manusia atau peristiwa dan nyata terlihat. Contoh : 
Lempengan-lempengan itu terus bergeser secara perlahan-lahan, hasil dari pergerakan itu sering terjadi tubrukan atau patahan atau pergeseran, dapatlah kita bayangkan apa yang akan terjadi jika lempengan itu bertabrakan atau patah atau bergeser. Maka akan terjadi guncangan yang hebat di permukaan yang kita rasakan.

3. Banyak menggunakan kopula, yakni kata seperti ialah, adalah, merupakan, dan yaitu, kata-kata ini digunakan untuk menjelaskan pengertian atau konsep. Contoh: hal yang menarik adalah  alat sejenis ditata dengan sistem nada dan penyusunan yang berbeda-beda setiap daerah.

4. Banyak menggunakan kata yang menyatakan pengelompokkan misalnya, dipilah, terbagi, dikelompokkan, terdiri atas.  Perhatikan contoh berikut:
- Jenis instrumen musik, terbagi menjadi beberapa bagian.
- Berdasarkan hal itu jenis tari dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian. 

5. Banyak menggunakan kata yang menggambarkan atau bermakna suatu keadaan. Perhatikan contoh berikut:
Makhluk hidup tidak hanya memiliki ketergantungan terhadap sesamanya. Makhluk hidup tergantung kepada lingkungannya, hal itu tampak ketika lingkungan itu berubah.

6. Banyak menggunakan kata atau istilah teknis yang berkaitan dengan teks. Contohnya adalah: rantai makanan, simbiosis mutualisme, transmigrasi, dan lain-lain.

Demikian penjelasan dari kami sampai jumpa pada pertemuan berikutnya pada artikel yang berbeda. Terimakasih

0 Response to "Kaidah Laporan Hasil Observasi Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel