Pengertian Prosa Paling Lengkap

Pengertian Prosa Paling Lengkap - Halo sahabat pembaca semua ,bagaimana kabarnya?semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar ya. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan materi tentang Prosa, bagi sahabat pembaca dan adik-adik pelajar yang membutukn materi tersebut,mudah-mudahan artikel kali ini bisa bermanfaat dan membantu.
mari kita lihat ulasan berikut ini:

Pengertian Prosa Paling Lengkap
Pengertian Prosa Paling Lengkap


Pengertian Prosa

Prosa adalah karya sastra yang berbentuk bebas, tidak terikat oleh rima, irama, dan kemerduan bunyi seperti puisi. Bahasa prosa seperti bahasa sehari-hari. Menurut isinya, prosa terbagi menjadi dua yaitu prosa fiksi dan nonfiksi. 

1. Prosa Fiksi 

Prosa fiksi adalah prosa berupa cerita rekaan atau cerita khayalan pengarangnya, karena di dalam ceritanya tidak sepenuhnya berdasarkan fakta tetapi khayalan penulisnya. Adapun prosa ini berbentuk cerpen, novel, dan dongeng. Berikut penjelasannya:

1.1 Cerpen adalah cerita rekaan yang pendek dalam arti hanya berisi pengisahan dengan fokus  pada satu konflik saja dengan tokoh-tokoh yang terbatas dan masalahnya tidak berkembang. 

1.2 Novel adalah isinya lebih panjang dari cerpen, konfliknya pun lebih luas dan berkembang  termasuk tokoh dan wataknya lebih bervariasi.

1.3 Dongeng adalah cerita rekaan yang sama denga cerpen dan novel, hanya saja cerita yang dikisahkan tentang hal-hal yang tidak masuk akal atau tak mungkin terjadi. Misalnya orang yang dapat berubah menjadi harimau, atau pun binatang lainnya, binatang dapat berkata-kata dan sebagainya.

2. Prosa Nonfiksi
Prosa nonfiksi adalah karangan yang tidak berdasarkan rekaan atau khayalan pengarang, tetapi berisi hal-hal yang berupa iformasi faktual atau berdasarkan pengamatan pengarang. Karangan jenis ini diungkapkan secara kronologis  atau berurutan, adapun yang termasuk karangan prosa nonfiksi adalah sebagai berikut:
  • Artikel, yaitu karangan yang berisi uraian atau pemaparan yang memilik ciri-ciri sebagai berikut:

a. Isi karangan bersumber pada fakta bukan sekadar realita
b. Bersifat faktual dengan mengungkapkan data-data yang diketahui pengarang bukan yang sudah umum diketahui
c. Uraian tidak sepenuhnya merupakan hasil pemikiran pengarang, tapi mengungkapkan fakta sesuai objek atau narasumbernya.
d. Isi artikel dapat memaparkan hal apa saja, seperti pariwisata, kisah perjalanan, profil tokoh, kisah pengalaman orang lain atau humor.
  • Tajuk rencana, yaitu karangan yang bersifat argumentatif yang ditulis oleh redaktur media massa mengenai hal-hal faktual dan aktual (sedang terjadi atau banyak dibicarakan orang).
  • Opini, yaitu tulisan yang berisi pendapat, pikiran seseorang tentang sesuatu, opini mengungkapkan berbagai alasan yang dapat menguatkan pendapat tersebut.
  • Feature   adalah sejenis artikel eksposisi yang memberikan tekanan pada aspek tertentu yang dianggap menarik atau perlu ditonjolkan dari suatu objek. Isi feature bukan berita yang aktual, tapi kejadian atau kisah  yang sudah lama berl
  • Tips, adalah karangan yang berisi uraian tentang tata cara atau langkah-langkah operasional dalam melakukan atau membuat sesuatu. Disajikan dengan ringan, sederhana, dan bahasa yang popular.
  • Biografi, yaitu jenis karangan yang mengisahkan tentang riwayat hidup seseorang yang tujuannya mengisahkan kehidupan orang lain dari dia kecil sampai ia dewasa. Jika tokoh itu sendiri menceritakan tentang dirinya sendiri disebut otobiografi.

  • Reportase ialah karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung atau belum lam berlangsung untuk keperluan media massa. Contoh: berita langsung tentang gempa bumi di Lombok, liputan Asian Games  di Jakarta dan Palembang, dan sebaginya.
  • Iklan, yaitu informasi yang ditampilkan lewat media massa, yang bertujuan untuk promosi atau menawarkan barang ata jasa kepada khalayak ramai atau publik.
  • Pidato, yaitu pengungkapan ide atau pikiran secara lisan dalam bentuk rangkaian kata-kata  atau kalimat yang disampaikan kepaa orang banyak dengan tujuan tertentu. Pidato biasanya dilakukan dalam acara-acara resmi, seremonial, dan pertemuan ilmiah. Pidato merupakan komunikasi satu arah karena hanya pemberi pidato yang bicara, sedangkan yang lain sebagai pendengarnya.


Demikian penjelasan dari penulis tentang Prosa semoga dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca semua. Terimakasih

0 Response to "Pengertian Prosa Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel