Penjelasan, Struktur Tentang Hikayat Dilengkapi Dengan Contohnya

Penjelasan Hikayat - Hikayat berasal dari India dan Arab. Di dalamnya terdapat cerita tentang dewa, peri, pangeran, putri kerajaan, raja-raja, tokoh-tokoh sejarah. Banyak juga mengisahkan tentang kekuatan kuar biasa yang dimiliki tokohnya  yang terkadang tidak masuk akal. Berdasarkan isinya hikayat terdiri dari beberap bagian yatitu:


Penjelasan Tentang Hikayat
Penjelasan Tentang Hikayat


1. Cerita rakyat, yaitu cerita tentang masyarakat yang ada pada suatu tempat. Cotohnya: Hikayat Si Misikin, Hikayat Malin Dewa.
2. Epos dai India, yaitu cerita yang berasal dari Negara India contohnya: Hikayat Sri Rama.
3. Dongeng-dongeng dari Jawa, yaitu cerita yang berasal dari tanah Jawa. Contonya adalah: Hikayat Pandawa Lima, Hikayat Panji Semirang.
4. Cerita-cerita islam, yaitu cerita tentang ajaran agama Islam. Contohnya: Hikayat Nabi bercukur, Hikayat Raja Khaibar.
5. Cerita berbingkai contohny yaitu Hikayat Bakhtiar dan Hikayat Maharaja Ali
Selain macam-macam hikayat, di bawah ini akan saya bahas tentang ciri-ciri hikayat yaitu:

a. Berkembang secara statis, dan mempunyai rumus baku. Artinya perkembanganya lamban dan biasanya menggunakan kata-kata seperti sahibul hikayat, konon, menurut empunya cerita, dan sejenisnya.
b. Bersifat pralogis, yaitu mempunyai logika tersendiri yang tidak sesuai dengan logika umum.
c. Istanasentris, berkisah tentang kisah kehidupan istana, pangeran, putri dan permaisurinya. Atau dewa-dewa, para pahlawan.
d. Disampaikan secara lisan atau dari mulut ke mulut, sehingga tidak mengherankan jika ceritanya berubah versi tegantung pemahaman orang yang menceritakannya bisa bertambah dan bisa berkurang.
e. Nama penciptanya tidak di ketahui (anonim), hal ini dikarenakan cerita tersebut milik masyarakat pada umumnya.
f. Nama tokohnya menunjukkan asal-usul ceritanya. Contohnya nama-nam tokoh dari daerah Sunda, Palembang, Lampung, Betawi, Papua.
g. Budaya dan faktor-faktor ekstrinsik lainnya, seperti ekonomi, politik, religi, turut berpengaruh pada keberadaan cerita, misalnya hal-hal gaib akan sangat berpengaruh juga pada perkembangan hikayat.

Berikutnya akan saya jelaskan tentang struktur dari cerita hikayat simak ya penjelasannya berikut:

Sebagai sebuah karya sastra yang berbentuk cerita, hikayat, legenda, dan sejenisnya memilik struktur sebagai berikut.
a. Orientasi atau setting berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan yang bertujuan untuk membantu pembaca mencara tentang ihwal siapa, kapan, dimana, dan mengapa.

b. Rangkaian Kejadian, berisi rangkaian kejadian yang disusun secara kronologis, dalam bagian ini mungkin juga disertakan komentar pencerita pada beberapa bagiannya.

c. Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya







Gambar 1.1 Bagan  Struktur Teks Hikayat

Demikian pembahasan tentang hikayat, sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya. Terimakasih







0 Response to "Penjelasan, Struktur Tentang Hikayat Dilengkapi Dengan Contohnya"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel