Penjelasan Tentang Isi,Struktur Teks Anekdot Paling Lengkap

Penjelasan Tentang,Isi,Struktur Teks Anekdot - Halo sahabat pembaca semua,masih tetap semangat belajarnya,pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan materi tentangsalah satu teks yaitu anekdot. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini:


Penjelasan Tentang Isi,Struktur Teks Anekdot Paling Lengkap
Penjelasan Tentang Isi,Struktur Teks Anekdot Paling Lengkap


1. Pengertian dan Karakteristik Anekdot

Teks anekdot adalah sebuah cerita lucu dan menggelitik yang bertujuan memberikan suatu pelajaran tertentu atau dengan kata lain berupa pesan yang disampaikan kepada orang lain yang tujuannya memberikan kritik kepada orang lain atau khalayak. Adapun ciri-ciri dari teks anekdot adalah sebagai berikut:
a. Merupakan cerita atau narasi singkat, di dalamnya ada tokoh, alur, dan latar.
b. Berbentuk lelucon dan mengandung kritik yang bisa menjadi bahan pelajaran bagi khalayak.

2. Isi Anekdot

Adapun isi teks anekdot bsa mencakup berbagai macam tema diantaranya politik, hukum, ekonomi, kehidupan sehari-hari,  dan lain-lain. Tema atau isi anekdot itu dapat kita ketahui dari tokoh-tokoh yang dimunculkan dan kata-kata yang dominan dari teks tersebut,
Sebagai contoh teks ankedot berhidul “Khotbah Nasruddin”. Dalam anekdot tersebut bertokohkan Nasarudin sebagai seorang pembicara (khatib), anekdot tersebut bercerita tentang kebiasaan masyarakat ketika mendengar khotbah pada umumnya bersifat pasif, dalam arti hanya berharap pemberian dari pembicara tanpa mau menggali sendiri ilmu tersebut. 

3. Struktur Teks Anekdot

Anekdot merupakan cerita singkat atau percakapan singkat yang yang didalamnya terbangun oleh struktur yang mendukung isi cerita antar lain seperti yang saya jelaskan di bawah ini:

a. Abstrak merupakan pendahuluan yang menyatakan latar belakang atau gambaran umum tentang isi teks anekdot. Perhatikan contoh berikut:

Suatu ketika, orang-orang di kota mengundang Nasrudin untuk menyampaikan khotbah di sebuah majelis.

b. Orientasi, adalah bagian cerita yang mengarah pada terjadinya krisis, konflik, atau peristiwa utama. Bagian inilah yang menjadi penyebab  timbulnya krisis. Contoh:

Ketika tiba di mimbar, dia mendapati bahwa sebagian besar para hadirin dalam majelis itu tidak terlampau bersemangat untuk mendengarkan khotbahnya

Keadaan majelis yang tidak bersemangat itu merupakan pemicu timbulnya krisis bagi anekdot selanjutnya.
c. Krisis, atau komplikasi merupakan inti peristiwa dari suatu anekdot. Pada bagian inilah adanya kekonyolan yang mengundang tawa. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

Kemudian ia turun dari mimbar dan berjalan pulang, kali ini orang-orang benar-benar dibuat bingung. Akhirnya mereka memutuskan untuk mengundangnya kembli agar datang kembali  untuk memberikan khotbah.Minggu depan ketika naik mimbar Nasrudin bertanya, apakah kalian tahu materi apa yang akan saya sampaikan dalam khotbah ini,  sebagian dri merreka ada yang menjawab “Ya” ada Juga “Tidak” 


d. Reaksi adalah tanggapan atau respon atas krisis yang dinyatakan sebelumnya. Reaksi yang dimaksud dapat berupa sikap mencela atau mentertawakan, bagian ini sering kali mengejutkan, sesuatu yang tidak terduga atau mencengangkan. Contoh:

Nasrudin pun berkata lagi, “Baiklah kalau begitu sebagian yang sudah tahu bisa menceritakan kepada sebagian yang lain yang belum tahu, dan ia pun lagi-lagi meninggalkan mimbar…
Respon yang mengejutkan ditunjukkan Nasrudin sebagai penunjuk cerita dalam anekdot berakhir.

e. Koda merupakan penutup atau kesimpulan sebagai penanda bahwa ceritanya telah berakhir. Di dalamnya dapat berupa persetujuan, komentar, ataupun penjelasan, atas maksud dari cerita sebelumnya. Pada bagian ini  biasanya ditandai, oleh kata-kata, seperti itulah,  akhirnya, demikianlah. Koda pada suatu cerita bisa ada atau tidak ada karena besifat opsional.

Sekian penelasan penulis tentang teks anekdot sampai ketemu pada artikel selanjutnya. Terimakasih

0 Response to "Penjelasan Tentang Isi,Struktur Teks Anekdot Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel