Penjelasan,Unsur - Unsur, Ciri - Ciri Teks Eksposisi Paling Lengkap

Penjelasan Tentang Teks Eksposisi- Hai sob, jumpa lagi dengan saya, kali ini penulis akan membahas tentang “Teks Eksposisi” 

Penjelasan,Unsur - Unsur, Ciri - Ciri Teks Eksposisi Paling Lengkap
Penjelasan,Unsur - Unsur, Ciri - Ciri Teks Eksposisi Paling Lengkap


Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat, yang disertai argumentasi dan fakta-fakta. Adapun tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah  ilmu pengetahuan pembaca, sehngga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu kejadian.

a. Unsur-unsur Teks Eksposisi

Unsur atau struktur teks eksposisi terbagi tiga yaitu 
  1. Tesis/pembuka, yaitu pengenalan isu atau masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan di bahas. Perhatikan contoh berikut : Peristiwa tersebut menggambarkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut. Kelompok pertama adalah mereka yang kurang memiliki kepedulian terhadap  penggunaan bahasa yang baik dan benar.
  2. Argumen, yaitu bagian yang memperkuat pendapat penulis yang disertai fakta-fakta untuk meyakinkan pembacanya. Contoh: Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka. Ragam bahasa Indonesia mereka anggap kurang “asyik” dibanding dengan bahasa gaul atau bahasa asing.
  3. Penegasan Ulang/Penutup, yaitu pernyataan-penyataan yang berisi penegasan ulang dari pernyataan sebelumnya. Contoh: Intensitas para siswa dalam memahami literatur-literatur ilmiah sesungguhnya merupakan sarana efektif dalam mengakrabi ragam bahasa baku. Dari literatur tersebut mereka dapat mencontoh tentang cara berpikir, bahasa, dan berkomunikasi dengan bahasa yang lebih logis dan tertata.





                    Gambar 1.1       Bagan Struktur Teks Eksposisi




b. Ciri-ciri Teks Eksposisi
Selain ada struktur teks ekposisi juga mempunyai cirri kebahasaannya diantaranya antara lain
  1. Menggunakan kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan masalah utama / topik yang dibahasnya.
  2. Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan penyebaban untuk menyatakan sesuatu yang argumentatif. Contoh: jika, maka, sebab, disebabkan, dengan demikian dan oleh karena itu.
  3. Menggunakan kata-kata yang menyatakan hubungan perbandingan/pertentangan, seperti sebelum itu, kemudian, pada akhirnya, namun. Contoh:  1.Ia kemudian nyeletuk, “Gua apa, Gua Selarong, atau Gua Jepang?” 2.Namun, tidak demikian dengan acara-acara televise dan radio. 
  4. Menggunakan kata-kata kerja mental atau abstrak sebagai bentuk aktivitas pikiran. Kata-kata yang dimaksud misalnya: memperhatikan, menggambarkan, mengetahui, berkeyakinan dan lain-lain. Perhatikan contoh berikut: Tak menyangka, salah seorang siswa disamping saya juga memperhatikan percakapan mereka. Peristiwa tersebut menggambarkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut.
  5. Menggunakan kata-kata perujukan, seperti menurut, berdasarkan, atau merujuk. Contoh:1. Menurut beberapa penelitian kesantunan juga melekat dengan kepribadian suatu bangsa. 2. Dengan merujuk pada fenomena tersebut, tampaknya terdapat penurunan standar moral.
  6. Menggunakan kata-kata persuatif, seperti hendaklah, sebaiknya, diharapkan, perlu, harus, atau seharusnya. Contoh:1. Kata gua seharusnya ditujukan untuk penyebutan nama tersebut. 2. Diharapkan semua yang ada di ruangan ini dapat mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan.

Demikian pembahasan penulis tentang teks eksposisi, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

0 Response to "Penjelasan,Unsur - Unsur, Ciri - Ciri Teks Eksposisi Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel