Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik - halo sahabat pembaca semua,masih tetap semangat ya belajar Bahasa Inggrisnya. pada kesemptana kali ini penulis akan memberikan materi tentang pemerintahan untuk lebih jelasnyamari kita simak ulasan dibawah ini:


Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik
Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik


Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik 

Menurut World Bank , Good Governance adalah suatu penyelenggaraan manajemen pembanguan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dengan pasar yang efisien ,penghindaran islah alokasi dana investasi,dan pencegahan kurupsi baik secara politik maupun administratif,menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal dan political framework bagi tumbuhan aktifita usaha.

tata kelola pemerintah merupakan suatu konsep yng akhir-akhir ini banyak dibahas dalam ilmu politik dan administrai publik ,terutama dalam hubungan dengan demokrasi ,masyarakat spil,partisipasi akkyat hak asasi manusidan pembanguna masyarakat secara berkelanjutan .

Dalam tata kelola pemerintahan yang baik,terdapat tiga unsur pokok yang bersifat sinergis.

1. Unsur pemerintah yang dipercaya menangani administrasi negara pada suatu periode tertentu.

Unsur swasta /wirausaha yang bergerak dalam pelayanan publik

3. Unsur warga masyarakat (stakeholders).


Menurut Laode Ida (2002) ,tata kelola pemerintahan yang baik memiliki sejumlah ciri dan karakteristik  sebagai berikut;

a. Terwujudnya interaksi yang baik anatara pemerintah,swasta dan masyarakat terutama bekerja sama dalam pengaturan kehidupan sosial politik dan sosio-ekonomi.

b. Komunikasi adanya jaringan multisistem (pemerintah swasta dan masyarakat). yang me;lakuakan sinergi untuk menghasilakan output yang berkwalitas.

c. Proses pengutan diri sendiri (self enforcing proces) adaupaya untyuk mendirikan pemerintah(self governing) dalam mengatasi kekacauan dalam kondisi lingkungan dan dinamika massyarakat yang tinggi.

d. Keseimbanagan kekuatan (balance of force),dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,ketiga elemen yang ada menciptakan dinamaika ,kesatuan dalam kompleksitas harmoni,dan kerja sama.

e. Independensi,yakni menciptakan saling ketergantungan yang dinamais atarapemerintah swasta dan masyarakat melalui koordinasi dan fasilitas.

Dalam perkembanagn selanjutnya ,tata pemerintahan yang baik dinamis antara pemerintah mancakup hal-hal sebagai berikut:

1. Hubungan antara pemerintah dan pasa,misalnaya ,pemerintah mengendalikan harga-harga sembako agar sesuai dengan harga pasar.

2. Hubungan antara pemerintah dan rakyat,misalnya pemerintah memberikan pelayanan dan perlindunagan bagi rakyat.

3. Hubungan antara pemerintah dan organisasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembanguan.

4. Hubungan antara pejabat -pejabat yang dipilih (politis) dan pejabat-pejabat yang diangkat ,misalnya,mengadakan pertemuana atau rembug antaratokoh masyarakat ,pejabat atau politisi.

5. Hubungan antaralembaga pemerintah daerah dan penduduk perkotaan dan pedesaan,misalnya memberikan izin bertempat tinggal kepada penduduk pedesaan yang bekerja di perkotaan.

6. Hubungan antara legislatif dan esekutif dalam membahas rancangan undang-undang (RUU).

7. Hubungan pemerintah nasional dan lembaga =lembaga internasionala dalam menjalin kerja sma disegala bidang untuk kamajuan bangsa.

Untuk mengimplementasikan tata kelola pemerintah yang baik diperlukan beberapa persyaratan sebagai berikut:

a. Mewujudkan efisien dalam menajemen pada sektor publik ,antara lain dengan memperkenalkan teknik-teknik manajemen perusahaan lingkungan administasi pemerintah negara dan melakukan desentralisasi  administrasi pemerintah.

b. terwujudnya akuntabilitas publik sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

c. tersedianya perangkat hukuman yang memadai berupa peraturan perundangan yang mendukung terselengaranya sistem pemerintahan yang baik.

d. Adanya sistem informasi yang menjamin akses masyarakat terhadap berbagai kebijakan atau informasi yang bersumber baik dari pemerintah maupun dari elemen swasta serta LSM.

e. Adanya transparansi dalam perbuatan kebijakan dan implementasinya sehingga hak-hak masyarakat untuk mengetahui keputusan pemerintah terjamin.


Adanya satu wujud tata pemerintahan yang baik yaitu adanya citra pemerintahan yang demokrasi . Pemerintahan yang demokrasi merupakan landasan terciptanya tata pemerintahan yang baik. Pemerintahan yang demokratis menjalankan tatat pemerintah secara terbuka terhadap kritik dan kontrol dari rakyat.


Demikianlah penjelasan tata kelola yang baik,semoga bisa bermanfaat . Terimakasih 

0 Response to "Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel