Pengertian Energi Dan Jenis - Jenis Energi Paling Lengkap

Pengertian Energi Dan Jenis - Jenis Energi Paling Lengkap - Hai sahabat pembaca semua. Pada kesempatan yang baik ini penulis akan mengajak kembali sahabat untuk mengulas materi mengenai energi.
Langsung saja yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Energi Dan Jenis - Jenis Energi Paling Lengkap
Pengertian Energi Dan Jenis - Jenis Energi Paling Lengkap


Pengertian Energi

Energi adalah sebagai sesuatu yang dapat menjadikan manusia atau alat dapat melakukan kerja atau usaha. Energi juga bisa diartikan sebagai kemampuan benda untuk melakukan kerja atau usaha.

Jenis – jenis Energi

Ada bermacam-macam bentuk energi. Berdasarkan bentuknya, energi dibedakan atas beberapa macam, yaitu:
  • Energi kimia  adalah energi yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan makanan atau bahan bakar. Contohnya: baterai yang digunakan untuk menyalakan alat-alat elektronik.
  • Energi Listrik  adalah energi yang dimiliki oleh benda karena adanya arus listrik. Contohnya: Petir, petir adalah energi listrik yang bertenaga besar. Penemuan listrik yang dihasilkan oleh petir pada awalnya dilakukan oleh Benjamin Franklin. Beliau menerbangkan sebuah layangan, dimana ujungnya diberi logam pada saat terjadi badai guntur. Ketika ujung layangan tersebut dihantam petir, muatan arus listrik mengalir ke bawah melalui benang basah ke kunci logam yang dipegang olehnya. Franklin pun berkesimpulan bahwa petir merupakan sebuah muatan listrik bertenaga besar yang dihasilkan dari hubungan antara awan dan tanah.
  • Energi Cahaya  adalah energi yang dihasilkan dari benda-benda yang memancarkan cahaya. Contohnya: energi matahari, energi matahari menghasilkan energi terbesar. Selain matahari, energi cahaya adalah sumber api seperti obor dan api unggun.
  • Energi Bunyi  adalah energi gerak yang dimiliki oleh partikel udara yang bergetar. Tanpa udara, tidak akan ada energi bunyi. Tidak semua bunyi dapat didengar manusia. Telinga manusia hanya dapat menerima bunyi dengan frekuensi antara 20 – 20.000 Hertz. Bunyi dengan potensi seperti itu disebut audiosonik. Bunyi dengan frekuensi di bawah 20 Hertz maka telinga manusia tidak dapat mendengarnya disebut bunyi infrasonik. Bunyi dengan frekuensi di atas 20.000 Hertz disebut bunyi ultrasonik. 
  • Energi Panas panas adalah salah satu bentuk energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel dalam suatu benda, misalnya api hasil pembakaran. Semakin cepat getaran partikel-partikelnya, semakin besar energi kalor yang dimiliki benda.

Demikian ulasan materi yang dapat penulis sampaikan mengenai energi dan jenis-jenis energi. semoga sahabat pembaca dapat menambah ilmu serta wawasan dan bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca. Selamat bertemu di artikel selanjutnya .Terimakasih 

0 Response to "Pengertian Energi Dan Jenis - Jenis Energi Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel