Pengertian Iklan Dan Jenis-Jenis Iklan

Fungsi Iklan - Pemasaran adalah suatu ujung tomba perusahaan. Produk apa saja yang dihasikan dari oleh suatu perusahaan, maka tidak luput dari yang namanya pemasaran ataupun dailakukan penjualan. Selanjutnya bisa juga produk itu di iklankan,  baik melalui biro periklanan maupun melalui pihak perusahaan bagian pemasaran itu sendiri. Baik sekarang penulis akan menjelaskan pengertian iklan.

pengertian iklan
Pengertian Dan Jenis Iklan

Pengertian Iklan


Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak ramai atau masyarakat mengenai  barang atau jasa yang akan di jual kepada konsumen yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Biasanya iklan di pasang di media massa, televisi, panplet  atau baliho, radio maupun melalui internet. 

Macam-Macam Iklan 


Adapun macam-macam iklan dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Iklan pengumuman dan undangan
Biasanya iklan ini ditujukan pada kalngan tetentu, misalnya iklan undangan/pengumuman seminar, iklan pemadaman listrik, iklan pajak bumi dan bangunan dan lain-lain

2. Iklan keluarga
Iklan keluarga berisi tentang berita keluarga, misalnya berita kelahiran, pernikahan, kematian, turut berduka cita, dan lain-lain.

3. Iklan jual beli dan sewa menyewa
Iklan jual beli biasanya berisi tentang barang/jasa yang akan di jual. Misalnya iklan penjualan kursi, Iklan penjualan televisi, Iklan penyewaan gedung, Iklan penyewaan mobil, dan lain-lain.

4. Iklan propaganda
Iklan propaganda  adalah iklan untuk memperkenalkan/mempromosikan atau mempropagandakan perusahaan barang atau jasa.  Biasanya iklan yang ditayangkan ditampilkan secara berulang-ulang dan diadakan secara berkala.

Disamping terdapat macam-macamnya iklan juga memilik sifat, karena iklan memberitakan suatu barang atau jasa, maka kalimat-kalimat yang ada di iklan memiliki juga sifat kebahasaan yaitu seperti di bawah ini :

  1. Iklan dapat membujuk khalayak ramai
  2. Iklan mampu membujuk konsumen untuk membeli barang atau jasa.
  3. Iklan mempunyai daya tarik.
  4. Iklan menggunakan kata-kata sugestif, segar, dan meng hibur.
  5. Iklan merupakan pemberitahuan sesuatu yang menguntungkan pihak pembeli.
  6. Iklan mengandung janji yang menguntungkan bagi pihak pembeli.
  7. Iklan yang ditampilkan ringkas, padat.
  8. Iklan biasanya disertai gambar-gambar yang menarik untuk memikat pembeli.


Contoh iklan :

jenis-jenis iklan
contoh iklan motor


Sekian penjelasan singkat tentang pengertian iklan beserta jenis, dan sifat bahasa iklan semoga bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih.



0 Response to "Pengertian Iklan Dan Jenis-Jenis Iklan"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel