Pengertian Pecahan Dan Sejarah Pecahan Paling Lengkap

Pengertian Pecahan Dan Sejarah Pecahan Paling Lengkap - Hai sahabat pembaca semua. Pada kesempatan yang baik ini penulis akan mengajak kembali sahabat untuk mengulas materi mengenai Pecahan.
Langsung saja yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Pecahan Dan Sejarah Pecahan Paling Lengkap
Pengertian Pecahan Dan Sejarah Pecahan Paling Lengkap


Pecahan 

Pecahan merupakan bagian penting dari matematika. Pecahan adalah bilangan menggambarkan bagian dari keseluruhan atau sebagian dari suatu benda. Pecahan  digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada saat ulang tahun, kamu dapat membagikan kue pada beberapa orang temanmu. Contoh lainnya, ketika ibumu belanja di pasar, ibu bisa membeli sebagian atau beberapa bagian saja dari buah-buahan seperti semangka dan sayuran.

Sejarah Pecahan 

Bilangan pecahan pertama kali digunakan oleh bangsa Mesir Kuno sekitar tahun 1600 SM. Pecahan pada masa itu dapat dilihat pada tulisan di Papyrus Ahmes. Bangsa Mesir menggunakan pecahan satuan, yaitu pecahan yang pembilangnya adalah angka satu untuk menyatakan perbandingan. Pecahan-pecahan berikut ini adalah contoh-contoh pecahan pada masa itu.


 





Pembilang yang digunakan pada saat itu selalu berupa angka satu. Adapun ketika diperlukan angka lain, mereka tetap mengubahnya ke dalam angka 1. Misalnya untuk menyatakan pecahan 2/5, mereka menuliskan 1/3+1/15.






Pada saat yang bersamaan dengan bangsa Mesir Kuno, Bangsa Cina Kuno juga mulai mengenal konsep pecahan. Bangsa Romawi dan Babilonia juga mulai mengembangkan konsep pecahan yang memiliki nilai penyebut yang sama dengan pembilang apa pun.
Bangsa Romawi Kuno menggunakan angka 12 sebagai penyebut untuk setiap bilangan pecahan. Sedangkan bangsa babilonia menggunakan angka 60 sebagai penyebut untuk bilangan pecahan. Bangsa Cina Kuno menamai penyebut sebagai “ ibu” dan pembilang sebagai “anak”.





Demikian ulasan materi yang dapat penulis sampaikan mengenai pecahan dan sejarah pecahan. semoga sahabat pembaca dapat menambah ilmu serta wawasan dan bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca. Selamat bertemu di artikel selanjutnya .Terimakasih 

0 Response to "Pengertian Pecahan Dan Sejarah Pecahan Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel