Penjelasan Tentang Bunyi Vokal Dan Konsonan Paling Lengkap

Penjelasan Tentang Bunyi Vokal Dan Konsonan - Pembaca  budiman pada pertemuan ini,  penulis  akan membahas tentang artikulasi bunyi vokal dan konsonan, silahkan di simak yaa!.


Penjelasan Tentang Bunyi Vokal Dan Konsonan Paling Lengkap
Penjelasan Tentang Bunyi Vokal Dan Konsonan Paling Lengkap


Vokal 

Vokal adalah bunyi ujaran yang dihasilkan oleh udara yang keluar dari paru-paru tidak mendapat halangan sedikit pun. Jenis dan macam vokal tergantung dari posisi bibir dan mulut kita ketika mengucapkan suatu kata. Perhatikan penjelasan berikut ini:

a. Posisi bibir, yaitu bentuk bibir ketika mengucapkan suatu bunyi. Missal: /a/, /u/, /o/.
b. Tinggi rendahnya lidah, yaitu keadaan tinggi rendahnya lidah ketika mengucapkan suatu vokal, perhatikan penjelasan berikut:

1) Bila ujung lidah dan  belakang lidah dinaikkan terjadilah vokal depan /i/, /e/.
2) Bila bagian belakang lidah dinaikkan, terjadilah vocal belakang contoh: /u/, /o/, /a/
3) Tetapi bila lidah rata terjadilah vocal pusat. Contoh: /e/ pepet

c. Maju mundurnya lidah, ketika anda mengucapkan suatu bunyi vokal  dengan patokan yang terjadi antara lidah dan alveolum. Perhatikan conyoh di bawah ini:

1) Lidah dekat alveolum, terjadi vokal atas: /i/, /u/
2) Lidah diundurkan sedikit, terjadi vokal tengah. Contoh: /e/ pepet
3) Lidah diundurkan sejauh-jauhnya, terjadi vocal bawah. Contoh : /a/

Konsonan 

Sedangkan konsonan adalah bunyi ujaran yang terjadi karena udara yang keluar dari paru-paru mendapat halangan. Berdasarkan artikulator dan titik artikulasinya, konsonan terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya seperti yang penulis jelaskan di bawah ini:

a. Konsonan bilabial, yaitu bunyi yang dihasilkan dengan mempertemukan kedua belah bibir misalnya: huruf /p/, /b/, /m/, /w/.
b. Konsonan labio-dental, yaitu bunyi yang dihasilkan dengan mempertemukan gigi atas sebagai titik artikulasi dan bibir bawah sebagai articulator misalnya: huruf /f/, /n/.
c. Konsonan apiko alveolar, yaitu bunyi yang dihasilkan oleh ujung lidah sebagai artikulator dan lengkung kaki gigi (alveolum), sebagai titik artikulasinya. Misalnya: huruf /d/, /n/.
d. Konsonan apiko interdental yaitu  bunyi  yang terjadi dengan ujung lidah (apex) sebagai artikulator dan daerah antar gigi sebagai artikulasinya. Misalnya: huruf  /t/, /n/.
e. Konsonan palatal, yaitu bunyi yang dihasilkan dari bagian tengah lidah sebagai artikulator, dan langit-langit keras sebagai titik artikulasi. Misalnya: fonem /c/, /j/, /ny/.
f. Konsonan velar, yaitu bunyi yang dihasilkan oleh belakang lidah sebagai artikulator, dan langit-langit lembut (velum), sebagai titik artikulasinya, misalnya: /k/, /g/, /ng/, /kh/.
g. Konsonan laringal, yaitu bunyi yang dihasilkan karena pita suara terbuka lebar,bunyi ini termasuk konsonan karena udara yang keluar mengalami gesekan /a/, /h/. 

Demikianlah penjelasan tentang vocal dan konsonan,semoga dapat bermanfaat.Terimakasih

0 Response to "Penjelasan Tentang Bunyi Vokal Dan Konsonan Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel