Penjelasan Tentang Perubahan Energi Dan Perpindahan Energi Beserta Contohnya Paling Lengkap

Penjelasan Tentang Perubahan Energi Dan Perpindahan Energi -  Hai sahabat pembaca semua gimana kabarnya?” tentunya masih semangat dengan materi-materi selanjutnya. Pada kesempatan ini penulis akan mengajak sahabat pembaca  mengulas kembali materi mengenai perubahan energi dan perpindahan energi.

Langsung saja yuk simak ulasan berikut ini!

Penjelasan Tentang Perubahan Energi Dan Perpindahan Energi Beserta Contohnya Paling Lengkap
Penjelasan Tentang Perubahan Energi Dan Perpindahan Energi Beserta Contohnya Paling Lengkap


Perubahan Energi

Perubahan energi adalah suatu bentuk energi yang dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lain.
  1. Perubahan Energi Listrik menjadi energi cahaya. Contohnya: bola lampu, saat bola lampu dihubungkan dengan listrik maka perubahan energi listrik menjadi cahaya.
  2. Perubahan Energi Listrik menjadi Energi Kalor. Contohnya: Setrika listrik, apabila setrika listrik dihubungkan dengan ujung kawat berarus listrik maka perubahan energi yang terjadi adalah energi listik menjadi energi panas (kalor)
  3. Perubahan Energi Gerak menjadi Energi Bunyi. Contohnya: gitar, apabila kita memetik gitar, maka akan terdengar bunyi. Hal ini menunjukkan adanya perubahan energi gerak menjadi energi bunyi.

Perpindahan Energi

Perpindahan energi adalah suatu bentuk energi yang dapat berpindah dari zat satu ke zat yang lainnya. Perpindahan energi dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Perpindahan energi secara konduksi
Konduksi adalah Perpindahan energi  melalui zat padat atau zat cair berupa hantaran. Contohnya peristiwa konduksi: saat mengaduk air panas di dalam gelas dengan menggunakan sendok. Saat itu dapat merasakan bahwa ujung sendok terasa panas, hal ini dikarenakan panas dari air merambat melalui sendok.

Dalam peristiwa konduksi, zat yang menghantarkan energi (menghantarkan panas dengan baik) disebut KONDUKTOR sedangkan zat yang menghambat energi disebut ISOLATOR.
Contoh konduktor adalah besi, kawat, alumunium, baja, kaca, dan porselin.
Contoh isolator adalah kayu, kertas, dan sebagainya

2. Perpindahan Energi secara konveksi

Contoh peristiwa konveksi adalah ketika memasak air, maka panas dari api mengalir melalui air dari bagian bawah ke bagian atas. Selain itu, hair dryer juga termasuk energi secara konveksi 

3. Perpindahan energi secara Radiasi

Radiasi adalah perpindahan energi melalui udara atau ruang hampa udara secara pancaran.
Contoh peristiwa radiasi adalah sinar matahari, sinar matahari melalui ruang hampa udara di langit dan melalui udara di bumi hingga dapat di rasakan, baik itu silau cahayanya maupun panasnya.

Demikian ulasan materi yang dapat penulis sampaikan mengenai perubahan energi dan perpindahan energi. “Semoga sahabat pembaca bisa merasa puas terhadap materi, dan bisa menambah wawasan sahabat pembaca. Terimakasih    

0 Response to "Penjelasan Tentang Perubahan Energi Dan Perpindahan Energi Beserta Contohnya Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel