Tips Jitu Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) Paling Lengkap

Tips Jitu Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) Paling Lengkap - Baiklah pembaca budiman pada kesempatan berikut penulis akan membahas tentang bagaimana cara mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), miasalnya adalah SIM C. Penulis sengaja membahas tentang pengurusan SIM ini supaya siapa saja yang belum mengetahui cara mengurus SIM, agar dapat mengerti ketika dia akan mengurus SIM. Memang untuk mengurus SIM  memerlukan waktu, tenaga  dan  biaya. Adapun manfaat dari membaca tulisan ini adalah ketika kita membuat SIM kita bisa menghemat waktu dan biaya, bisa menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Kemudian dapat menyelesaikan pembuatan SIM tepat waktu hanya satu hari selesai. Karena memang untuk mengurus SIM itu memerlukan waktu khususn dan biaya tambahan.

Tips Jitu Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) Paling Lengkap
Tips Jitu Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) Paling Lengkap

Berikut akan saya jelaskan beberapa persyaratan penting  yang harus kita bawa ketika kita mengurus SIM.
  1. Foto copy KTP satu lembar, pesan saya agar selalu menyiapkan fotocopy KTP di dompet agar ketika kita mau memerlukannya secara mendadak kita dapat menggunakannya dengan baik dan cepat pula.
  2. Siapkan uang untuk biaya administrasi dengan rincian; Rp. 20.000; untuk kesehatan, dan Rp. 100.000 untuk biaya administrasi tau pembuatan SIM. Untuk biaya lain tidak ada, akan tetapi alangkah lebih baik jika kita menyiapkan duit lebih untuk misalnya Rp. 200.000; untuk keperluan anda secara pribadi. Berdasarkan pengalamn penulis uang sejumlah itu sudah cukup, tapi kalau anda tinggal di dearah yang jauh, bisa jadi uang yang diperlukan lebih banyak atau juga sedikit tergantung jarak tempuh Anda.
  3. Berusia minimal 17 tahun, yang usianya di bawah 17 tahun belum bisa membuat SIM,
  4. Orang yang ingin membuat SIM harus terampil mengendarai kendaraan bermotor.  Tidak sedikit yang gagal dalam mengikuti tes karena tidak dapat mengendarai kendaraan bermotor. Bakan ada yang menabrak pagar atau marka jalan
  5. Sehat, jernih, dan tenang, hal ini penting agar ketika di tes oleh petugas anda dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan dapat mengikuti tes berkendara tanpa halangan apapun.
  6. Ketika di tes petugas jangan merasa hebat walaupun anda sudah bertahun-tahun memakai motor, belum tentu anda lulus tes pada hari itu juga. Karena petugas mempunyai kriteria khusus untuk lulus tes berkendaraan.
  7. Harus tahu diri, ketika anda membuat SIM belum tentu Anda lulus pada hari itu juga apabila persyaratan Anda belum lengkap atau belum cukup.tahu diri itu penting karena ketika membuat SIM Anda menempuh ujian praktik dan teori, bahkan ada di beberapa daerah tertentu menerapkan uji jalan raya dengan kendaraan masing-masing oleh karena itu ikutilah setiap rangkaian ujian dengan tetib dan baik kalau anda mau lulus.
  8. Berikut adalah pembahasan tentang langkah-langkah pembuatan SIM yang bisa Anda ikuti, silahkan disimak urutanya di bawah ini:

  • Ketika Anda memasuki gerbang polres, siapkanlah KTP asli untuk diserahkan kepada polisi jaga. Anda cukup membawa fotocopynya saja, tapi ini tidak semua polres menerapkan, silahkan ikuti aturan masuk lingkungan polres setempat.
  • Masukkan semua berkas ke dalam map dan ikuti petunjuk loket selanjutnya.
  • Sambila membawa fotocpy KTP anda langsung ke pos pemeriksaan kesehatan. Petugas akan langsung memeriksa mata, tensi darah, berat badan, dan tinggi badan. Siapkan uang sekitar Rp. 20.000; dan anda akan mendapat surat keterangan sehat.
  • Setelah itu bawalah surat keterangan sehat tadi dan fotocopy KTP Anda ke loket pendaftaran SIM baru. Ikuti anteran jika ada tumpukan map satlantas yang tersedia ambillah satu karena memang disediakan untuk si pembiat SIM.
  • Parkirlah kendaraan anda di tempat yang telah ditentukan serahkan berkas Anda nanti dia berkat tunggu di tempat ujian praktik. Di polres tertentu ada yang mendahulukan ujian praktik kemudian ujian teori. Urutan yang sudah saya ungkapkan di atas meungkin berbeda di setiap polres oleh karena itu sarn penulis agar anda dapat mengiukuti dan mematuhi setiap langkah atau prosedur yang telah ditetapkan oleh polres setempat.


Demikianlah penjelasan singkat yang bisa penulis sampaikan kepada pembaca semua semoga artikel ini dapat bermanfat bagi Anda khususnya yang akan membuat SIM.

0 Response to "Tips Jitu Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel