Tips Jitu Ketika Ditilang Polisi Paling Lengkap

Tips Jitu Ketika Ditilang Polisi Paling Lengkap - Di negara kita Indonesia banyak sekali kendaraan yang setiap hari berlalulalang di jalan. Dari sekian banyak pengendara bermotor pasti ada yang melakukan pelanggaran, dan pasti ada yang kena tilang. Baik kesalahan yang disengaja maupun kesalahan yang tidak sengaja, oleh karena itu kita sebagai pengendara kendaraan harus mempersiapkan segala sesuatuanya apabila pada suatu saat kita melanggar peraturan berlalu lintas. Diantaranya mempersiapkan surat-surat kendaraan dengan lengkap, sebelum kita berangkat ke tempat kerja atau ke tempat tujuan ada baiknya periksa lagi surat kendaraan apakah sudah di bawa atau belum, seperti SIM, STNK, BPKB dan surat yang lain kalau diperlukan.

Tips Jitu Ketika Ditilang Polisi Paling Lengkap
Tips Jitu Ketika Ditilang Polisi Paling Lengkap

Di bawah ini saya akan membahas tentang tips ketika kita ditilang oleh pak polisi. Pahami baik-baik agar di kemudian hari tidak terulang lagi kesalahan yang kedua, apa jadinya kalau kita ditilang oleh polisi, segala urusan kita tertunda dan kita terlambat datang ke tempat kerja hanya karena ditilang oleh polisi, ini adalah pengalaman penulis yang tak dilupakan. Simak ya tispnya di bawah ini:

  1. Pertama yang harus kita lakukan adalah  mengenali petugas atau pihak polisi yang menilang, ini sangat penting sekali untuk kita mengenal nama dan pangkat dari si petugas. Agar jangan sampai yang menilang kita itu adalah polisi yang menyamar atau preman atau polisi gadungan. Jangan kalian hentikan kendaraan juka dia polisi gadungan atau preman yang mengaku sebagai polisi lebih baik kalian lanjutkan perjalanan. Apa yang akan terjadi jika itu adalah tukang begal motor bukannya kalian ditilang malah motor kalian akan hilang alias di begal.
  2. Tips yang kedua jika benar dia seorang polisi , tanyakan apa kesalahan anda dan pahami apa kesalahan anda, pasal berapa yang dilanggar dan berapa dendanya. Hal ini penting karena seorang polisi dia adalah sebagai pembimbing masyarakat, dia harus mau menjelaskan apa kesalahan kita agar kita tidak mengulang kesalahan kita untuk yang kedua kalinya. Alasan dan denda juga harus sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Tips yang ketiga adalah, pastikan bahwa tuduhan pelanggaran adalah benar dan sesuai dengan tingkat kesalahannya. Anda atau si pengendara harus tahu pelanggaran yang dituduhkan padanya, ‘benar atau tidak’ kita melanggar. Bila polisi menyatakan Anda di larang parkir sembarangan di tempat umum, Anda  harus yakin bahwa di tempat tersebut memang ada tanda atau rambu-rambu larangan parkir sembarangan di tempat itu.
  4. Tips berikutnya, jangan serahkan STNK atau kendaran Anda kepada petugas begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan Anda begitu saja, kecuali kalau kendaraan Anda adalah hasil tindak pencurian, atau pelanggaran itu menyebabkan kematian , atau kalian tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan seperti SIM. Jadi utamakanlah SIM dalam berkendaraan agar selamat sampai tujuan.
  5. Tips yang kelima yaitu diterima atau tolak tuduhan pelanggaran. Setiap pengendara kendaraan berhak menolak atau menerima tuduhan yang ditujukan kepadanya, apabila anda menerima tuduhan  Anda harus bersedia membayar tuduhan tersebut di Bank yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Anda akan di beri surat berwarna biru, dan tanda tanganilah surat tersebut sebagai bukti pelanggaran yang sudah kita akukan. Di baliknya terdapat surat penyerahan kendaraan atau pengambilan kendaraan, apabila kalian telah membayar denda ke pihak bank. Tetapi kalau kalian menolak tuduhan, katakan keberatan kepada pihak petugas, Anda akan diberi surat berwarna merah untuk mengikuti siding di pengadilan. Untuk penentuan hari sidang memerlukan waktu 5-15 hari, barang sitaan yang sudah di ambil petugas,boleh di ambil apabila sudah ada keputusan dari hakim dengan surat keputusan.


Demikanlah penjelasan singkat, tentang tips ketika kita ditilang oleh petugas polisi, jangan abaikan surat-surat kendaraan Anda bawalah terus kemanapun Anda pergi dan jangan ditinggalkan dilemari atau laci meja kerja Anda, agar apabila ada kejadian penilangan atau razia petugas Anda tidak termasuk yang dimaksud. Sekian.

0 Response to "Tips Jitu Ketika Ditilang Polisi Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel