Mengenal Jerawat Batu Dan Pencegahannya Paling Lengkap

Mengenal Jerawat Batu Dan Pencegahannya Paling Lengkap - Ketika jerawat datang memang terasa sangat mengganggu, bagaimana jerawat bisa muncul dan cara pengobatannya. Kita seringkali merasa jengkel munculnya jerawat di wajah, sekecil apa pun itu bentuknya. Jerawatpada wajah disebabkan ketika sel-sel kulit mati, berminyak, dan bakteri berada di bawah permukaan kulit wajah manusia.

Jenis jerawat pun bermacam-macam jenisnya, mulai dari jerawat yang halus sampai dengan jerawat batu pun ada dan apabila tidak tepat perawatannya, dapat meninggalkan bekas kehitam-hitamanan di wajah.

Mengenal Jerawat Batu Dan Pencegahannya Paling Lengkap
Mengenal Jerawat Batu Dan Pencegahannya Paling Lengkap


Bagaimana Mengobati Jerawat Batu?
 

Sebagaimana ditulis oleh Healthline, pengobatan jerawat ditangani berdasarkan pada jenis jerawat dan tingkat keparahannya. Kita  dapat mengobatinya dengan produk over-the-counter (OTC) yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. 

Jika Anda mengikuti instruksi pada masing-masing produk, jerawat di kulit Anda akan hilang dalam beberapa minggu. Sedangkan, kalau lebih parah harus dirawat oleh dokter. Yang memerlukan perawatan secara intensif. Dokter Anda dapat merekomendasikan perawatan topikal, perawatan oral, atau bahkan metode perawatan yang berbeda, seperti terapi cahaya. Tergantung seberapa parahnya jerawat anda. 

Perawatan Topikal Untuk Jerawat

Berikutnya masih dari sumber yang sama, ada beberapa macam cara perawatan terhadap  jerawat. Perawatan topikal dapat membunuh bakteri, seperti mengurangi minyak pada kulit Anda. Jenis pengobatan topikal meliputi yang bisa kita lakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Retinoid, yaitu mencegah folikel rambut dan pori-pori yang tersumbat.
  • Antibiotik, yaitu membunuh bakteri dan mengurangi iritasi pada kulit.
  • Benzoil Peroksida, yaitu membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Asam Salisilat, yaitu menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati pada permukaan kulit.

Perawatan Oral untuk Jerawat 
Untuk perawatan secara oral ikutilah saran dokter Anda diantaranya seperti disebutkan di bawah ini:

  • Antibiotik, silahkan diminum untuk waktu yang singkat dan berhenti ketika gejala hilang.
  • Yang kedua Pil KB (untuk wanita) yaitu untuk membantu menyeimbangkan kadar hormon Anda.
  • Isotretinoin, biasanya digunakan pada kasus berat yang tidak responsif terhadap obat lain.

Pengobatan Jerawat dengan Pasta Gigi?
Setiap orang punya caran masing-masing mengatasi jerawat. Ada satu cara yang sering dianggap manjur sejak masa lampau, yaitu mengoleskan pasta gigi di atas jerawatnya. Namun benarkah pasta gigi bisa mengobati jerawat? Kenyataannya para ahli kulit mengungkapkan bahwa tak ada gunanya mengoleskan pasta gigi ke jerawat. Buruknya, akan dapat menimbulkan lebih banyak masalah. 

 "Tidak jelas mengapa dan kapan mitos ini mulai merebak, tapi mungkin ini terjadi karena banyak orang yang merasa jerawatnya tidak sembuh-sembuh, untuk mencari cara menghilangkan jerawat yang matang, merah, dan menyakitkan, 

Pasta gigi itu fungsinya mencegah gigi berlubang menjaga gigi tetap putih berkilau, dan membantu mempertahankan kebersihan mulut. Tidak berubah  fungsi untuk membersihkan gigi dan penghilang jerawat.  Dengan adanya pasta gigi di kulit mungkin akan memberikan rasa sejuk dan menenangkan pada kulit. Tapi akan  berpotensi peningkatan iritasi, pada kulit yang terkena jerawat. Semuanya akan memperburuk kondisi. Untuk mengobati peradangan, saya sarankan untuk meletakkan es batu di kulit yang ada jerawatnya untuk mengurang rasa nyeri yang mungkin ditimbulkan.

Tips Mencegah Agar Wajah Terhindar dari Jerawat.
Di antara beberapa tips yang bisa penulis ungkapkan dari berbagai sumber seperti di bawah ini: 

  • Cuci wajah sekali atau dua kali sehari menggunakan air hangat dan produk pembersih wajah. Saat membersihkan wajah, gosoklah dengan lembut. Pastikan Anda mencuci muka adalah di malam hari, untuk menghapus riasan dan kotoran yang menempel di sepanjang hari. 
  • Jangan meremas atau teralalu sering memegang  jerawat Anda, karena akan menyebabkan peradangan lebih lanjut, yang membuat jerawat terlihat lebih buruk dan lebih lama. Perilaku ini juga ini akan meninggalkan bekas luka di kulit.
  • Hindari makanan olahan, karena umumnya tinggi lemak jenuh dan trans-fat; itu dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum yang memicu jerawat.
  • Hindari makanan yang terlalu berminyak seperti keripik, kentang goreng, karena mengandung minyak jenuh yang meningkatkan kolesterol dalam tubuh, menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan dapat memperburuk jerawat pada wajah Anda.
  • Serat memainkan peran penting dalam menyingkirkan racun tubuh. Sereal dan makanan kaya serat dan buah-buahan seperti blueberry bagus untuk mendetoksifikasi tubuh Anda dan membersihkan kulit Anda.
  • Sertakan vitamin A dalam menu makanan Anda dengancara banyak makanan buah-buahan karena merupakan sumber korotenoids. Wortel, pepaya, bayam, jus tomat adalah sumber yang kaya corotenoids.
  • Hentikan penggunaan foundation selama seminggu bisa membantu membersihkan jerawat, dan bisa menghentikan ruam yang disebabkan oleh bahan-bahan yang mengiritasi.
  • Jangan menggunakan make up pada kulit jerawat dan bahkan jika harus, gunakan produk non-comedogenic dan non-iritasi.
  • Jangan menutupi seluruh wajah Anda dengan concealer. Sebagai gantinya, gunakan warna pelengkap untuk menyamarkan noda.

Demikian pembahasan dan tips cara merawat jerawat yang penulis rangkum dari beberapa sumber semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan menambah pengetahuan kita dalam bidang kesehatan. Sekain.

0 Response to "Mengenal Jerawat Batu Dan Pencegahannya Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel