Trik Paling Jitu Cara Bercocok Tanam Dengan Bawang Merah Paling Lengkap

Trik Paling Jitu Cara  Bercocok Tanam Dengan Bawang Merah - Hai gaysss, jumpa lagi dengan saya, semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat. Kali ini penulis akan membahas tentang “Bercocok Tanam dengan Bawang Merah”.

Bawang merah merupakan bumbu dapur yang paling banyak digunakan, akan tetapi harganya sering berpluktuasi di pasaran, oleh karena itu saran saya sebaiknya anda menanamnya sendiri di rumah apalagi masih ada lahan kosong baik disamping rumah, depan rumah, maupun di belakang rumah, sebaiknya anda memanfaatkan semaksimal mungkin lahan yang masih kosong tersebut dari pada ditumbuhi rumput.


Trik Paling Jitu Cara  Bercocok Tanam Dengan Bawang Merah Paling Lengkap
Trik Paling Jitu Cara  Bercocok Tanam Dengan Bawang Merah Paling Lengkap


Baiklah  di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengolah lahan untuk ditanami bawang merah. Simak penjelasannya berikut:

Pengolahan Lahan

  •       Pertama yang harus kita lakukan adalah mencangkul tanah agar lahan yang akan kita gunakan menjadi gembur, setelah itu diamkan kurang lebih satu minggu lamanya.
  •        Selanjutnya tingkat keasaman tanah tetap dijaga anatar 6-7 kadar ph-nya jika kurang bisa ditambah kapur dolomit.
  •       Selanjutnya anda buat bedengan dengan jarak  sekitar 40- 50 cm, yang gunanya untuk memberikan ruang gerak apabila sudah di panen.
  •        Langkah berikutnya adalah meratakan kembali bedengan dan menggemburkannya kembali  dengan cangkul.
  •        Berikan pupuk kandang secukupnya dan tunggu selama seminggu.


Pemilihan Bibit

Selanjutnya untuk menghasilkan panen yang banyak atau bagus, pemilihan bibit juga sangat menentukan, pilihlah bibit bawang merah dengan kualitas bagus/baik, karena bibit yang bagus akan menghasilkan buah yang bagus juga. Selanjutnya, untuk mempercepat pertumbuhan bawang merah maka potonglah ujung umbinya kira-kira setengan sentimeter.

  Proses Penanaman Bawang Merah
Tanamlah bawang merah anda yang telah dipotong ujungnya tadi, dengan jarak sekitar 20 cm  anatara tanaman. Jangan menanamnya terlalu rapat agar bawangya tumbuh maksimal sehingga banyak buah yang dihasilkan.
Perawatan Bawang Merah
Setelah proses penanaman selesai, langkah selanjutnya adalah perawatan tanaman sebaik mungkin, adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah:
  •  Menyiram bawang merah; siramlah tanaman bawang merah anda setiap pagi  dan sore hari secara rutin. Setelah itu anda bisa menyiramnya satu hari sekali.
  •  Pemupukan; pada saat berumur dua minggu, berilah pupuk ZA, Urea, dan KCL. Kegunaan pemberian pupuk ini agar buah yang dihasilkan bisa maksimal dan buahnyapun besar-besar. Jadi tanaman bawang merah kita itu haruslah kita beri pupuk.

 Pemanen Bawang Merah
Bawang merah bisa di panen setelah berumur kurang lebih 70 hari, ciri-ciri buah bawang merah yang siap panen adalah daunya sudah layu dan banyak yang menyetuh tanah. Cabutlah dengan perlahan daunya dan jangan sampai putus karena kalau putus akan menyebabkan kita kesusahan megambil bawangnya. 

Demikian cara bercocok tanam bawang merah yang bisa penulis jelaskan semoga artikel ini bermanfaat bagi petani pemula, dan pembaca pada umumnya. Selamat mencoba. (ihm)

0 Response to "Trik Paling Jitu Cara Bercocok Tanam Dengan Bawang Merah Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel