Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) - Apakabar pembaca semua?semoga dalam keadaan sehat selalu dan tetap semangat belajarnya. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan penjelasan materi tentang "Dewan Perwakilan Rakyat Deerah (DPRD) yang mana hal ini penting kita ketahui sebagai warga negara yang baik dan patuh terhadap UUD yang ada. tak ada salahnya bukan kita mengetahuiapakah itu DPRD yang mungkin selama ini kita hanya mender saja tidak tau apakah fungsi dan perannya dalam pemerintahan,sebagai penambah wawasan sehabat pembaca semua,mari kita simak ulasan dibawah ini;

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah . DPRD memiliki fungsi legislasi,anggaran dan pengawasan,adaapun hak yang dimiliki DPRD adalah hak interpekasi ,angket dan menyatakan pendapat. Dalam menjalankan tugasnya DPRD memiliki alat kelengkapan terdiri atas pimpinan,komisi,panitia musyawarah ,panitia anggran ,badan kehormatandan alat kelebgkapan lain yang diprlukan.

Ketentuan tentang DPRD sepanjang tidak diatur dalam undang-undang mengenai pemerintah daerah berlaku ketentuan undang-undang yang mengatur susunan dan kedudukan MPR,DPR,DPD dan DPRD.

Hubungan natara pemerintah daerah dan DPRD merupakan hubungan kerja yang kedudukanya setara dan bersifat kemitraan. Kedudukan yang setara berakna bahwa diantara lembaga pemerintahan daerah itu memiliki kedudukan yang sama dan sejajar,artinya tidak saling membawahi .Hal ini tercermin dalam pembuatan kebijakan daerah Pemerintahn Daerah DPRD adalah mitra sekerja dalam membuat kebijakan daerah untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing  sehingga antara kedua lembaga itu membangun fungsi hubungan kerja yang sifatnya saling mendukung. Bukan merupakan lawan ataupun pesaing dalam melaksanakan fungsi masing-masing.

Demikianlah tadi penjelasan singkat mengenai "Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)" semoga dapat dimengerti dan bisa menambah wawasan sahabat pembaca semua. Terimasih

0 Response to "Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel