Jenis Rempa - Rempa Yang Ampuh Digunakan Untuk Kesehatan

Jenis Rempa - Rempa Yang Ampuh Digunakan Untuk KesehatanHai sobat pada kesempatan kali ini  penulis akan membahas tentang rempah-rempah yang sering digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Jenis Rempa - Rempa Yang Ampuh Digunakan Untuk Kesehatan
Jenis Rempa - Rempa Yang Ampuh Digunakan Untuk Kesehatan
Rempah-rempah sering digunakan manusia sebagai penyedap masakan. Rempah-rempah. Salah satu manfaat rempah adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut data Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat pertama produsen vanili dan cengkeh dunia, serta peringkat kedua produsen lada dan pala dunia pada tahun 2014. Jauh sebelum data ini dihimpun, pada zaman dahulu Indonesia pun dijajah oleh bangsa luar karena dianggap sebagai surga rempah-rempah di kawasan asia.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, negara-negara di Asia Tengah seperti Cina dan India, kemudian negara di Amerika Selatan seperti Brasil, serta negara-negara tropis lainnya banyak memanfaatkan rempah dalam masakan maupun pengobatan. Artinya, rempah memang dipercaya untuk obat sejak bertahun-tahun lamanya. Beberapa jenis rempah-rempah yang  dikenal dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya :

a. Kayu Manis
Kayu manis atau cinnamon diambil dari lapisan kulit kayu bagian dalam, dari batang pohon yang dijemur dan dikeringkan, serta digulung. Kayu putih dikenal mampu melegakan tenggorokan, dahak di paru, serta dapat juga meredakan hidung meler. Tambahkan kayu manis pada segelas teh untuk melegakan tenggorokan Anda. Selain itu, kayu manis juga dapat dimanfaatkan untuk penyedap makanan, mulai dari kue hingga bubur.
Ada juga yang memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Seperti untuk mengontrol gula darah, meringankan sakit kepala, dan keluhan lainnya,”.

b. Cengkeh
Kedua Cengkeh juga dikenal untuk menyegarkan napas dan dan dapat mengatasi perut kembung. Rempah-rempah ini juga mengandung banyak segudang antioksidan yang sangat baik untuk menangkal penyakit pada tubuh. 
Tak hanya menyehatkan, cengkeh juga dapat dijadikan sebagai bumbu makanan pencuci mulut yang baik juga bagi organ pencernaan. Khasiatnya mulai dari memperlancar pencernaan hingga mengurangi nyeri saat sakit gigi.

c. Cabai
Cabai  mengandung antioksidan tinggi, termasuk beta-karoten, quercetin, dan luteolin. Capsaicin adalah zat yang memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya antikanker. Cara konsumsi cabai biasanya dicampur sebagai bahan makanan seperti sayuran maupun dibuat sambal guna menguatkan rasa agar terasa sensasi pedasnya.

d. Kunyit
Tanaman kunyit juga dipercaya sebagi satu jenis rempah yang menyehatkan dan kerap dikaitkan dengan obat khusus kanker usus. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit bersifat antiradang, antiviral, antibakteri, antijamur dan antikanker. Tak hanya itu, kunyit digunakan dalam deretan obat tradisional di Negara India, Thailand dan Cina untuk berbagai macam masalah kesehatan. Kandungan antioksidan didalamnya dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, sehingga banyak dicari orang dan banyak manfaatnya. Termasuk juga dapat dimanfaatkan untuk bumbu masakan.

e. Pala

Pala adalah tanaman asli Indonesia yang sangat populer sejak zaman dahulu. Tumbuhan  ini di dapat dari pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Tak hanya sebagai bumbu masakan, pala juga dapat menghasilkan minyak atsiri yang sering digunakan pada industri kosmetik. Selain itu, tanaman pala juga sering dimanfaatkan sebagai penambah gairah seksual. Tak heran, bila permintaan pala untuk di ekspor ke negara lain terus meningkat dari masa ke masa.

Pala juga dapat melezatkan dan mengharumkan aroma makanan, pala juga bisa diandalkan dalam membantu menjaga kesehatan. Selain berbagai jenis rempah-rempah di atas, jenis rempah lain seperti vanili dan lada juga bisa dimanfaatkan karena memiliki  banyak manfaat yang serupa dengan rempah-rempah yang sudah dibahas sebelumnya. Jadi, gunakanlah  rempah-rempah selain untuk penyedap makanan Anda, juga gunakanlah untuk kesehatan pada tubuh kita.

Demikianlah penjelasaan tentang berbagai macam tanaman yang bisa penulis ungkapkan untuk menambah wawasan kita semua. (ihm)

0 Response to "Jenis Rempa - Rempa Yang Ampuh Digunakan Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel