Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia

Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia - Halo apa kabar sahabt pembaca semua?bagaimana kah kabarnya?semoga dalam keadaan sehat selalu dan tetap semanagt untuk belajar. 
Sebagai warga negara yang baik tentunya kita akan menghormati keberagaman umat beragama yang adad di Indonesia,hidup rukun dan berdampingan adalah salah bentuk ciriwarga negara yang baik, Sepeti yang kitaketahui di Indonesia mempuyai beberapa agama yang tentunya setiap warga negara berhak menentukan kepercayaannya masing-masing sesuai dengan keyakinannya. Lantas bagaimana kah cara kita untuk membangun kerukunan tersebut? Nah pada kesempatan ini penulis akan memberikan materi yang akan membahas hal tersebut,berikut ulasanya;

Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia
Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia


Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia

Kemerdekaan beragama di Indonesia meyebabkan Indonesia mempunyai agama yang beranekaragam. Hal Itu semua ,merupakan sesuatu yang wajar . Keberagaman agama yang dianut oleh bangsa Indonesia itu tidak boleh dijadikaan hambaan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Yal tersebut tentu saja akan terwujud apabila dibangun kerukunana umat beragama .

Kerukunana umat beragama merupakan sikap mental umat beragama dalam rangka mewujudkan kehidupan yang serasi dengan tidak membedakan pangkat,kedudukan sosial dan tingkat kekayaan. Kerukunan umat beragama dimaksudkan agar terbina dan \terpelihara hubungan baik dalam pergaulan anatara warga yang seagama maupun yang berlainan agama.

Apa saja bentuk kerukuanan itu? Di negara kita mengenal konsep Tri kerukuanan Umat Beragama ,yang terdiri atas keruknan internal umat segama,kerukuanan anatar umat berbeda agtama ,dan kerukuanan anatar umat beragama dengan ppemerinah. Bagaimaana perwujuddan dari ketiga konsep kerukunaan itu?

Kerukuanan antar umat seagama berarti adanaya kesepahaman dan kesatuan untuk melakukan amalan dan ajaran agama yang dipeluknya dengan menghormati adanaya perbedaan yang masih bisa ditolerir. Dengan kata lain,sesama umat seagama tidak diperkenankan untuk saling bermusuahan saling menghina,salaing menjauhkan,tetapi harus mengemabangkan sikap saling menghargai,menghormati dan toleransi apabila terdapat perbedaan,asalkan perbedaan tersebut tidak menyimpang dari ajaran agama yang dianaut. Kerukuanan umat beragama adalah cara atau sarana untuk mempersatuaan dan mempererat hubungan antaraa orang-orang yang tidak seagama dalam proses pergaulan di masyarakat ,tetapi bukan untuk menghindari terbentuknya fanatisme ekstrim yang membahayakan keamanan ,dan ketertiban umum. Bentuk nyata yang bisa dilakukan adalah dengan adanya dialog anatar umat beragama yang di dalamnaya bukan membahas perbedaan ,akan tetapi memperbincangkan kerukunan ,dan perdamaian hidup dalam bermasyarakat,intinya adalah bahwa masing-masing agama mengajarkan manusia untuk hidup dalam kedamaian dan ketentraman.

Kerukuanan anatar umat beragama dengan pemerintah ,maksudnya adalah dalam hidup beragama masyarakat tidak lepas dari adanya aturan pemerintah setepat yang mengatur kehidupan bernasyarakat . masyarakat tidak boleh hanya mentaati aturan dalam agamnaya masing-masing akan tetapi juga harus menaati hukum yang berlaku dinegara indonesia.

Demikianlah Penjelasan tentang"Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia" semoga dapat berguna dan bermanfaat. Terimaksih

0 Response to "Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Indonesia"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel