Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesia

Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesia - Halo apa kabar sahabat pembaca semua,bagaimana kabaranya?semoga tetap semangat ya belajarnya?
Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan Materi tentang"Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesia" yang mana kita sebagai warga negara Indonesia penting untuk mengetahuinya,maka untuk itu mari kita ulasan dibawah ini;

Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesia
Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesia


Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesia

Intergasi nasional berasal dari dua kata ,yaitu "integrasi"dan "nasional" Integrasi berasal dari bahasa Inggris,integrasi,atinya menyatupadukan ,menggabungkan,mempersatukan. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia,integrasi artinya pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Kata nasional berasal dari bahasa Inggris,nation yang artinya bangsa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,integrasi nasional mempunyai arti polotis dan antropologis.

a. Secara Politis
Integrasi nasional secara politisberarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah yang membentuk suatu identitas nasional.

b. Secara Antropologis
Integrasi nasional secara antropologis berarti proses penyesuainan di anatara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Berikut adalah pendat para ahli tentang integrasi.


1. Howard Wriggins
Integrasi bangsa beraati penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhn yang lebih untuh atau memadukan masyarakat -masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bnagsa.

2. Myron Weiner
Integrasi menunjukan pada proses penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya kedalam satu kesatuan wilayah dalamm rangka pembentukan suatu identitas nasional. Integrasi biasanya mengandalkan adanya satu masyarakat yang secara etnis majemuk dan setiap kelompok masyarakat memliki bahasa dan sifat-sifat kebudayaan yang berbeda.

3. Dr. Nazarudin Sjamsuddin
Integrasi nasional ini sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencangkup semua aspek kehidupanya,yaitu aspek sosial ,politik,ekonomi dan budya, Intergrasi juga meliputi aspek vertikal dan horisontal.

4. J.Soedjati Djiwandono
Integrasi nasional sebagai cara bagaimana kelesatrian persatuan nasional dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri. Hak tersebut perlu dibatasi pada suatu taraf tertentu. Bila tidak ,persatuan nasional akan dibahayakan.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Integrasi Nasionla bangsa Indonesia berarti hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebgai suatu bangsa ,menjadi satu kesatuan bangsa secara resmi,dan direalisasikan dalam satu ksepakatan atau konsensus nasional melalui Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1228.

Demikianlah penjelasan tentang "Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesiasemoga dapat bermanfaat ya. Terimasih

0 Response to "Pengertian Integrasi Nasional Di Indonesia"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel