Pengertian tentang Otonomi Daerah Paling Lengkap

Pengertian tentang Otonomi Daerah  - Halo apakabar sahabat pembaca semua?bagaimana kabarnya?semoga dalam keadaan sehat selalu,dan tetap semangat untuk belajar,Pada kesempatan kali ini penulis akan membahasa materi tentang "Pengertian tentang Otonomi Daerah dalam Konteks Negara Kesatuan"Mari kita simak penjelasan dibawah ini;

Pengertian tentang Otonomi Daerah
Pengertian tentang Otonomi Daerah


Pengertian tentang Otonomi Daerah

Banyak definisi yang dapat menggambarkan tentang makna otonomi daerah ,Berikut ini adalah definisi tentang otonomi daerah yang dikemukakan para ahli,Menurut H.M. Agus Santoso,pengertian otonomi daerah diantaranya adalah sebagai berikut;

a. C.J.Franseen,otonomi daerah adalah hak untuk mengataur arusan urusan daerah dan menyesuaikan peraturan-peraturan yng sudah dibuat dengannya.

b. J.Wojong,otonomi daerah sebagai kebebasan untuk memelihara dan memajukan kepentingna khusus daerah dengan keuangan sendiri menentukan hukum sendiri dan pemerintah sendiri.

c. Ateng Syarifuddin,otonomi daerah sebagai kebebasan atau kemandirian tetapi bukan kemerdekaan. namun kebebasan itu terbatas karena merupakan perwujudan dari pemberian kesempatan yang harus dipertanggungjawabkan.

d. Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah,otonomi daerah adalah hak,wewenang dan kewajiban daerah otonomi untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepntingan masyarakat sesuai dengna peraturan perundang-undangan.

Otonomi daerah adalah kewajiban yang diberikan kepada daerah otonom unutk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakatsetempat menurut aspirasi masyarakat . Tujuan Otonomi daerah adalah untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintah dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelasanaa pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Adapun yang dimaksud dengan kewajiban adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.

Dengan demikian,dapat disimpulkan otonomi daerah adalah keleluasaan dalam bentuk hak dan wewenang  serta kewajiban dan tanggung jawab badan pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sesuai dengan keadaan dan kemampuan daerahnya sebagai manifestasi dri desentralisasi.

Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan sabahat pembaca semua. Terimakasih

0 Response to "Pengertian tentang Otonomi Daerah Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel