Pengertian Tentang Syarat Integrasi

Pengertian Tentang Syarat Integrasi - Halo apakabarnya sahabat pembaca semua?masih tetap semangat bukan belajarnya? Pada penjelasan materi yang lalu penulis telah menjelaskan pengertian tentang integrasi, Nah pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan materi tentang" Pengertian Tentang Syarat Integrasi" yang mana sama pentingnya yang perlu kita pelajari, Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini;

 Pengertian Tentang Syarat Integrasi
 Pengertian Tentang Syarat Integrasi 


 Pengertian Tentang Syarat Integrasi 

Syatar keberhasilan suatau integrasi disuatu negara adalah sebagai berikut;

  1. Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa meraka berhasil saling mengisi kebutuhan - kebutuhan antara satu dan lainya.
  2. Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenal norma-norma dan nilia-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman.
  3. Norma-norma dan nilai-nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.

Dalam Undang - Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 disebutkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik (good citizenship). Jangan sampai menyalahgunakan hak karena akan banyak sekali orang yang bisa sewenang-wenang melakukan sesuatu hal yang bisa memerugikan orang lain. Begitu pula dengan orang yang selalu berusaha menghindari dari kewajibannya sebagai warga negara. Prilaku ini bisa dijadikan contoh prilaku yang merugikan masyarakat ,khususnya bagai pemerintah. Pelanggaran hak orang akan menyebabakan terjadinya disintegrasi sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkiannan tidak akan menjalankan kewajibanya.

Keseibangan dalam menjalankan hak dan kewajiban harus dilakukan . Hal ini agara tidak terjadi kesalahan yang bisa mengakibatkan kerugian bagi orang lain dan diri sendiri. Misalnaya ,pertumbuhan pembangunan infrastruktur (Jalan dan jembatan) di satu daerah dengan dengan daerah lainya harus sama. Jika berbeda akan menjadi kecemburuan dan berakibat terganggunya integrasi nasional. Dengan demikian ,sangat sangat penting integrasi nasional bagi pembangunan bangsa dalam masyarakat yang berbeda-beda. Setiap warga masyarakat harus menyadari adanya perbedaan etnik,suku,agama,budaya,bahasa dan sebagainya. Perbedaan tersebut jangan sampai dijadikan sebagai pemicu terjadinya disintegrasi nasional. Oleh karena itu ,kalian harus memahami dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kewajiban sebgai warga negara adalah menjaga integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Bagaimana cara menjaga integrasi tersebut? Kalian tentu pernah melihat ditelevisi atau membaca dimedia massa ,anggota TNI yang ditemukan diujung pulau untuk ,enjaga keutuhan Negara KEsatuan Republik Indonesia (NKKRI). Saat ini negara Indonesia tidak dalam keadaan perang etapi negara menuntut kita sebagai warga negara untuk ikut serta menjaga integrasi nasional.

Rakyat Indonesia harus memiliki sikap utuk mempersiapakan diri jika terdapat ancaman,tangtangan ,gangguan,dan hambatan,baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Oleh karena itu,kalian sebagai warga negara yang baik wajib mematuhi semua peraturan -peraturan yang berlaku.

Demikianlah penjelasan tentang" Pengertian Tentang Syarat Integrasi emoga dapat bermanfaat dan bia menjadi sumber belajar. Terimakasih

0 Response to " Pengertian Tentang Syarat Integrasi "

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel