Penjelasan Tentang Infrastruktur Paling Lengkap

Penjelasan Tentang Infrastruktur Paling Lengkap - halo apakabar sahabatpembaca semua,semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Pada materi sebelumnya telah dibahas tentang Suprastruktur,kali inipenulis akan membahas tentang'Penjelasan Tentang Infrastruktur Paling Lengkap " semoga dapat membantu sahabat semua yang sedang mencari materi tersebut,mari kita simak penjelasan dibawah ini;


Penjelasan Tentang Infrastruktur Paling Lengkap
Penjelasan Tentang Infrastruktur Paling Lengkap


Penjelasan Tentang Infrastruktur 

Infrastruktur politik adalaah kelompok-kelompok kekuatan politik dalam masyarakatyang turutbberpartisipasi secaraaktif. Kelompok tersebut dapat berperan menjadi pelaku politik-politk tidsk formal untuk turut serta dalam membentuk kebijaksanaan negara. Infrastruktur politik di Indonesia meliputi keseluruhan kebutuhan yang diperlukan dalam bidang politik dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas yang berkaitan dengan proses pemerintah negara.

Pada dasarnya organisa-organisasi yang tidak termasuk dalam birokrasi pemerintah merupakan kekuatan Infrastruktur politik. Dengan kata lain setiap organisasi non-pemerintah termasuk kekuatan Infrastruktur politik .Di Indonesia banyak sekali organisasi atau kelompok yang menjadi kekuatan Infrastruktur politik,akantetapi jika diklasifikasikan terdapat empat kekuatan sebagai berikut;

a. Partai Politik yaitu organisasi politik yang dibnetuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atau atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota,masyarakat,bangsa dan negara melalui pemilihan umum ,Pendirian partai politik biasanya didorong adanya persamaan kepentingan ,persamaan cita-cita politik dan persamaan keyakinan keagmaan.

b. Kelompok kepentingna (interest group)yaitu keopok yang mempuntai kepentingan terhadap kebijakan politik negara. Kelompok kepentingan bisa menghimpun atatu mengeluarkan danan dan tenaganya untuk melaksanakan tindakan politik yang biasanya berada diluar tugas patai politik. Sering kali kelompok ini bergandengan erat dengan salah satu partai politik dan keberadaanya bersifat independen (mandiri). Untuk mewujudkan tujuanya ,tidak menutup kemungkinan kelompok kepentingan dapat melakukan negosiasi dan mencari dukungan kepada masyarakat perseorangan ataupun kelopok masyarakat . Contoh dari kelompok  kepentingan adalah elite politik,pembayarbpajak,serikat dagang,lembaga swadaya masyarakat (LSM),serikat buruh dan sebagainya.
c. Kelompok Penekanan (pressure group),yaitu kelompok yang bertujuan mengupayakan atau meperjuangkan keputusan politik yang berupa undang-undang atau kebijakan politik yang dikeluarkan pemerintah sesuai dengan kepentingan dan keinginan kelompok mereka. Kelompok ini biasanya tampil kedepan dengan berbagai cara uuntuk menciptakan pendapat umum yang mendukung keinginan kelompo mereka,Misalnya dengan cara berdemonstrasi ,melakaukan aksi mogok dan sebagainya.

d. Media Komunikasi politik,yaitu sarana atau alat komunikasi politik dalam proses penyampain pendapat dan informasi poitik secara tidak langsung,baik terhadap pemerintah maupun masyarakat pada umumnya. Sarana media komunikasi ini antara lain adalah media cetak seperti koran,,majalah ,buletin,brosur,tabloid dan sebagainya,sedangkan media elektronik sseperti televisi,radio,internet dan sebagainya,media komunikasi diharapkan mampu mengolah ,mengedarkan informasi bahkan mencari asprasinya/pendapat sebagai berita politik.

Demikianlah penjelasan tentangs

0 Response to "Penjelasan Tentang Infrastruktur Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel