Penjelasan tentang Suprastruktur Politik Paling Lengkap

Penjelasan tentang Suprastruktur Politik Paling Lengkap - Halo apakabar sahabat pembaca semua,semoga dalam keadaan sehat ya,dan masih tetap bersemangat untuk belajar. Pada kesempatan kali ini penulis akan memebahas meteri tentang " Penjelasan tentang Suprastruktur Politik Paling Lengkap". Mari kita simak ulasan berikut ini;

 Penjelasan tentang Suprastruktur Politik Paling Lengkap
 Penjelasan tentang Suprastruktur Politik Paling Lengkap


 Penjelasan tentang Suprastruktur Politik Paling Lengkap

1. Suprastruktur 

Sisitem politik Indonesia merupakan sebuah kajian politik yang menarik untuk dipelajari ,Sistem politik terbentuk daridua pengertian yaitu sistem dan politik. Menurut Pamudji ,sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks  atau terorganisir,suatu him-punna atau perpaduan hal-hal atau perbpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplejks dan utuh. Selanjutnya ,menurut Rusadi Kantaprawin,sistem diartiakan sebagai suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur atau elemen . Unsur ,komponen atau bagian ynag banyak tersebut berada dalam keterikatan yang kait mengait dan fungsional.

Dengan demikian dari kedua pendapat tersebut  dapat disimpulkan bahwa sistem adalah suatu kesatuan dari unsur-unsur pembentukannya baik yang berupa input (masukan) ataupun output (hasil) yang terdapat dalam lingkungan dan dianatara unsur-unsur tersebut terjalin suatu hubungan yang fungsional.

Secara etimologis kaat politik berasal dari abahsa yunanai yaiyaitu polis yang berarti kota yang berstatus kota. Dalam Bahasa Arab ,istilah politik diartikan sebagai siyasah yang berarti starategi . Dari pengertian sisitem dan politik beberapa ahli mendefifiakan tentang sistem politik  adalah sebagai berikut;
  1. David Easton ,menyatakan bahwa sistem politik merupakan seperangkat interaksi yang diabastrakan dari seluruh prilaku sosial,melali nilai-nilai yang diaolokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.
  2.  Robert A. Dahl meyimpulakan bahwa sisitem polik mencangkup dua hal yaitu pola yang tetap dari hubungan anatar manusia,kemudian melibatkan sesuatu yang luas tentang kekuasaan,aturan dan kewenangan.
  3. Jack C Plano,mengartiakn sistem politik sebagaipola hubungan masyarakt yang dibentuk berdasarkan keputusan yang saha dan dilakasanakan dalam lingkungan masyarakat.
  4. Rusadi Kantaprawira,berpendapat bahwa sisitem politik merupakan berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur dan fungsi yang bekerja dalam suatu unit dan kesatuan yang berupa negara atau measyarakat.

Dari berbagai rumusan diatas secara umum sistem poltik dpat diartiakn sebagai keseluruhan kegiatan politik -politik diadalam negara atau masyarakat yan mana kegiatan tersebut berupa proses alokasi nilai nilai dasar kepada masyarakat dan menunjukan pola hubungan yang fungsional diantara kegiatan -kegiatan politilk tersebut.

Sisitem polit menyelenggarakan fungsi-funsitetentu untuk masyarakat adalah membuat keputusan -keputusan kebijakan yang mngikat alokasi dari nilai-nilai baik yang bersifat materi maupun non materi. Keputusan kebijak ini diarahkan untuk tercapainya tujuan-tujuan masyarakat . Sistem politik menghasilakn output berupakebijakan kabijakan negara yang bersifat mengikat kepada seluruh masyarakat negara tersebut. Dewngan kata lain,melalui sistem politik aspirasi masyarakat  (berupa tuntuatan dan dukungan) yang merupakan cerminana daritujuan masyarakat dirumuskan dan selanjutnya dilaksanakan oleh kebijakan -kebijakan negara tersebut. Sisitem politik berada dengan sistem sosiala yang lainya. Ada empat ciri khas dari sisitem politik yang membedakan dengan sistem sosial lainya;

a. Daya jangkaunaya Iniversal,meliputi semua anggota masyarakat.
b. Adanaya kontrol yang bersifat mutlak terhadap opemakaina kekerasan fisik.
c. Halk membuat keputusan-keputusan yang mengikat dan diterima secara sah.
d. Keputusannya bersifat otoritatif,artinya mempunayi kekuatan legisaltif dan kerelaan yang besar.

Denagn demikian sistem polik yang berjalan tidak akan terlepas dan keseluruhan unsur-unsur suprastruktur dari suatu negara . Dalam menjalankan sisitem politik dalam suatu negara diperlukan struktur lebaga negagara yang dapat menunjang jalannya pemerintahn.  Struktur politik merupakan cara untuk melembagakan hubungan antar kompone-komponenyang membentuk bangun politik suatu negara supaya tejadi hubungan yang fungsional. Struktur politik suatu negara terdiri atas kekuatan suprastruktur dan infrastruktur . Politik negara Indonesia pun terdiri dari dua kekuatan tersebut.

Suprastruktur politik diartikan sebagai mesin politik resmi suatu negara dan merupakan penggerak politik yang bersifat formal. Denagn kata lain suprastruktur politik merupakan gambaran pemerintah dalam ari luas yang terdiri atas lembaga-lembaga negara yang tugas dan perannya diatur dalam konstitusi negara atau peraturan perundang-undngan lainya.

Demikian Penjelasan tentang "Suprastruktur  Politik Paling Lengkap"semoga dapat bermanfaat. Terimakasih

0 Response to " Penjelasan tentang Suprastruktur Politik Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel