Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia

Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia - Halo sahabat pembaca semua,semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat untuk belajar. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan materi materi tentang"Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia"semoga dapat membantu bagi sahabat semua yang sedang membutuhkan materi tersebut,mari kita simak ulasan dibawah ini;



Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia
Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia

Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia

Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daeerah dipilih dalam satu pasangan calon yang dilaksanakan secara demokrasi berdasarkan asas langsung ,umum,bebas,rahasia dan adil. Calon Kepala Daerah dn wakil kepaladaerah adalah warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat tertentu. Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara dari 50%  jumlah suara sah ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih. Apabila ketentuan tersebut tidak dipenuhi  pasangan calo kepala dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari 20& dari jumlah suara sah ,pasangan yang perolehan suaranya terbesar dinyatkan sehingga pasangan calon terpilih.

Apabila tidak ada yang mencapai 25% dari jumlah suara sah ,dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh pemenang pertama dan pemenang kedua. Pasangan suara kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara terbanyak pada putaran kedua dinyatakan sebagai pasangan calonterpilih.

Gubernur dan wakil gubernur dilantik oleh Menteri Dalam Negeri atas nama ppresiden dalam sebuah sidang DPRD provinsi dan wakil bupati atau wali kota atau wakil wali kota dilantik oleh gubernur atas nama presiden dalam sebuah sidang DPRD kabupaten atau kota.

Demikian tadilah penjelasan tentang"Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia" semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu dalam proses belajar, Terimakasih

0 Response to "Proses Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel