Rahasia Buah Pisang Dan Manfaatnya

Rahasia Buah Pisang Dan Manfaatnya - Buah pisang memang banyak manfaatnya adapun manfaat yag bisa di ambil dari buah pisang adalah dapat mengatasi sakit kepala, mencegah sembelit, dan kanker. Buah pisang merupakan buah yang sangat popular yang sangat terjangkau dari segi harga dan mudah didapatkan. Pisang memiliki rasa yang enak biasanya disajiakan sebagai pendamping makanan selain buah semangka, ternyata menurut penelitian buah pisang banyak memiliki nutrisi penting yang sangat berguna bagi tubuh manusia.

 Rahasia Buah Pisang Dan Manfaatnya
 Rahasia Buah Pisang Dan Manfaatnya

Oleh karena itu nutrisi yang ada pada pisang bermanfaat sekali bagi metabolism tubuh manusia. Nah apa saja kandungan nutrisi pada pisang simak  ulasannya berikut: 

Di pasar banyak sekali jenis pisang mulai dari bentuk, warna, dan ukuran. Tapi, terlepas dari itu umumnya buah pisang banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan manusia seperti senyawa antioksidan dan banyak mengandung serat. Buah  pisang mengandung kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, serat, protein dan lemak. Setiap satu biji buah pisang mengandyng ebanyak 105 kalori dan kandungan terbanyak adalah air dan karbohidrat sedikit protein dan hampir tidak mengandung lemak. Karbohidrat pada pisang mentah sebagian besar terdiri dari pati, namun saat pisang telah masak berubah menjadu gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa).

Selain itu buah pisang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia : pisang memiliki kandungan gula sangat sedikit. Pada penderita diabetis sebaiknya mengkonsumsi pisang mentah yang gulanya rendah namun banyak mengandung serat. Pisang juga dapat memperbaiki pencernaan, pisang berukuran sedang dapat mengandung serat hingga 3 gram sehingga dapat menjadikan pisang sumber serat yang sangat baik. Serat dapat memudahkan kotoran untuk keluar dengan baik dan membantu menstimulasi gerak peristaltik sehingga dapat menggerakkan usus. Dan dapat membantu mencegah terjadinya sembelit dan kanker usus.

Pisang juga bisa membantu menurunkan berat badan: menurut penelitian kandungan pectin dan serat pada pisang dapat memberikan efek mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Pisang juga dapat membantu kesehatan jantung, karenakalium yang dikandung dalam pisang untuk kestabilan tekanan darah. Pisang adalah sumber makanan yang mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat membantu terjadinya serangan jantung. Selain itu pisang juga mengandung magnesium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung.

Pisang dapat membantu kesehatan ginjal karena mengandung kalium yang cukup tinggi. Menurut penelitian makan buah pisang 4-6 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terserang penyakit ginjal dibanding dengan orang yang tidak mengkonsumsi pisang. Pisang juga bisa mengatasi anemia  zat besi  yang dikandung dalam pisang dapat mengobati anemia. Peningkatan sel darah merah dapat mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengoptimalakan fungsi organ tibuh.

Adapun pisang mentahnya dapat meningkatkan sensitifitas insulin: menurunya sensitifitas insulin merupakan faktor utama terjadinya diabetis, menurut penelitian 15-30 gram pati terdapat pada pisang mentah dapat meningkatkan sensitifitas insulin sebesar 33-50 % hanya dalam waktu 4 minggu. 

Demikian pembahasan tentang pisang dan manfaatnya semoga berguna bagi kita semua. Dan semoga siapa saja yang membaca artikel ini agar sehat selalu dan terhindar dari segala penyakit berbahaya. Aamiin. (ihm)

0 Response to " Rahasia Buah Pisang Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel