Rahasia dan Manfaat Rendang Bagi Kesehatan Manusia

Rahasia Manfaat Rendang Bagi Kesehatan Manusia - Hai sobat pecinta kuliner pada kesempatan yang baik ini izinkan penulis mengulas tentang masakan rendang dan manfaatnya. Masakan rendang memang paling enak dinikmati dengan nasi panas. Namun sebenarnya adakah kandungan gizi, vitamin dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut:

Rahasia Dan Manfaat Rendang Bagi Kesehatan Manusia
Rahasia dan Manfaat Rendang Bagi Kesehatan Manusia


Rahasia Manfaat Rendang Bagi Kesehatan Manusia

Sebagai makanan tradisional masyarakat Padang, Sumatera Barat, rendang sempat dinyatakan sebagai makanan terlezat di dunia. Tidak hanya lezat, kandungan rendang juga menarik untuk diketahui dan kita teliti. Rahasia kelezatan menu rendang terletak pada kekayaan rempah dan metode pengolahannya. Bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat rendang seperti daging, santan, dan bumbu harus melalui pengolahan yang cukup rumit untuk kemudian dapat dihidangkan.

  • Proses Memasak Rendang yang Rumit Perlu Anda ketahui, proses memasak rendang agak rumit setidaknya memerlukan waktu 6-7 jam dengan suhu berkisar 80-95 derajat celsius. Kalau kita perhatikan memang sulit dan rumit dalam memasak rendang. Karena untuk menjadi sebuah rendang, daging yang akan dimasak harus melalui tahapan, yakni gulai, kalio, baru kemudian menjadi rendang. Selanjutnya bahan baku utama rendang  daging, santan, dan bumbu dimasak, beberapa saat kemudian biasanya saus atau kuahnya akan berwarna kekuningan dan masih cair. Pada tahap ini, masakan disebut dengan gulai. Ketika semakin pekat dan berwarna kecokelatan, masakan boleh disebut dengan kalio. Terakhir, ketika sausnya mengering, pekat, dan berwarna cokelat tua kehitaman, daging yang Anda masak baru bisa disebut rendang. Tak heran, kalau proses memasaknya memakan waktu sampai dengan 7 jam. 
  • Kandungan Gizi di dalam RendangSelanjutnya kita aka membahas tentang kandungan gizi yang terdapat dalam rending, Pengolahan rendang dapat memengaruhi kandungan nutrisinya, baik secara positif maupun negatif. Positifnya, pengolahan yang demikian kompleks akan mempermudah usus dalam mencerna daging, karena tekstur dagingnya yang menjadi lebih empuk. Selain itu, jenis protein daging rendang paling mudah dicerna dibandingkan dengan daging mentah dan daging kalio. Sehingga, ketika melalui usus, asam amino dari daging rendang akan paling banyak diserap dan masuk ke dalam tubuh. 



Rendang yang pada dasarnya mengandung lemak dan protein yang tinggi, tetapi akan mengalami perubahan kadar nutrisi saat dimasak. Karena dimasak paling lama dibanding dengan gulai dan kalio, kadar asam amino esensial di dalam rendang cenderung paling sedikit. Sebaliknya, kandungan persentase lemaknya menjadi paling tinggi. Hal ini terjadi karena daging yang melewati proses pemanasan dalam jangka waktu lama akan menimbulkan reaksi antara asam amino (dari protein) dengan gula atau asam amino dengan produk oksidasi lemak. 

Asam amino esensial sendiri merupakan asam amino yang pemenuhan kebutuhannya harus didapatkan dari makanan yang dikonsumsi setiap hari, sebab tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Penurunan kadar asam amino esensial dari daging mentah ke daging kalio menurun dari 11.42 persen hingga 6.20 persen. Sedangkan, penurunan kadar asam amino esensial dari daging kalio menjadi daging rendang bisa turun hingga 17.55 persen akibat dari proses pemanasan yang lama. Jadi bisa kita ambil kesimpulan, untuk mempermudah proses pencernaan, daging rendang memang yang paling baik dibanding gulai maupun kalio, karena teksturnya lebih mudah dicerna. Tetapi, dari segi kandungan gizi, rendang menempati peringkat paling bawah dari segi kandungan asam amino esensial, bila dibandingkan dengan gulai dan kalio ataupun dari masakan sejenisnya.

Demikian pembahasan tentang masakan rendang dan kandungan gizi yang terdapat pada rendang, semoga dapat  bermanfaat bagi pembaca khususnya pecinta dunia kuliner. (ihm).

0 Response to "Rahasia dan Manfaat Rendang Bagi Kesehatan Manusia"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel