Tip Jitu Cara Menyehatkan Tanah

Tip Jitu Cara Menyehatkan Tanah - Hai guys, jumpa lagi dengan saya, pada pembahasan tentang “Cara Cerdas Menyehatkan Tanah”  Tahukan anda bagaimana cara menyehatkan tanah?  Tanah adalah unsur  penting bagi tanaman. Karena dengan mempuyai tanah yang subur maka tanaman kita akan menjadi  subur dan cepat berbuah. Oleh karena itu kita harus melakukan pengolahan secara maksimal agar dapat menghasilkan tanah yang subur. 


Tip Jitu Cara Menyehatkan Tanah
Tip Jitu Cara Menyehatkan Tanah


Pembaca budiman memang kita tahu begitu banyaknya petani kita belum memahami bahwa idealnya tanah sebagai media tumbuh tanaman perlu keseimbangan antara aspek fisika, kimia, dan biologi. Bahkan, di antara kita yang sudah tahu hal tersebut tidak mau tahu. Jadi anda sebagai petani harus tahu dengan tingkat kesuburan tanah anda. Agar nanti ketika sudah tiba waktunya panen makan akan mendaptkanhasil yang maksimal.

Bahkan ada petani yang puluhan tahun lahan pertaniannya nyaris tidak diberi pupuk hayati atau organik sebagai salah satu aspek biologi. Bahkan hanya memakai pupuk kimia sintetis. Akibatnya, tanah kita mengalami sakit  akibat kekurangan unsure hara, sehngga ketika sudah panen ditolak pasar lokal bahkan dunia. 

Kita seperti hanya menambang memakai bahan organik tanah berlebihan dalam jangka panjang, tanpa memberi bahan organik. Kita seperti menikmati kekayaan mikrobapupuk hayati  yang tersedia dari alam tapi tanpa membiakkannya  (inokulan) di lahan. Akibatnya tanamanpun nyaris punah dan akibatnya lagi, fungsi aspek biologi tidak tercapai. Hasil pertanian kurang sehat dan usaha pertanian juga kurang sehat, tentu peningkatan pendapatanpun berkurang akhirnya mengakibatkan malasdan minat bertani pun berkurang. 

Sekarang tinggal anda pikirkan sendiri yang sudah biarlah jadi pelajaran agar ke depannnya lebih bersahabat dengan tanah kita. Kan bila nasi sudah jadi bubur tidak mungkin jadi nasi lagi, siapa yang akan menikmati kalo hasinya lebih banyak kan kita sendiri. Jadi kita harus menyehatkan lahan kita agar mendapatkan hasil yang melimpah karena kitalah pelaku yang menjadikan lahan kita menjadi
Apabila di lahan anda terdapat bekas potongan daun, pohon, bekas tebangan atau sehabis panen maka jangan di bakar karena dari daunan, pohon yang mengalami pembusukan itulah akan menghasilkan pupuk organik atau alami  jadi jangan sekali-kali di bakar, lebih baik ditumpuk di satu tempat dan biarkan maka sisa-sisa daun-daun dan kayu atau pohon hasil panen tersebut akan mengalami  pembusukan dan tentu saja akan menjadi pupuk alami. 

Sekian penjelasan singkat dari cara pengolahan tanah. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat diterapkan di lahan masing-masing. Selamat mencoba.

0 Response to "Tip Jitu Cara Menyehatkan Tanah"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel