Pengertian tentang Hubungan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah Paling Lengkap

Pengertian tentang Hubungan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah - Halo apakabar sahabat pembaca semua,semoga dalam keadaan sehat,dan tetap semangat belajar ya. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan materi tentang "Pengertian tentang Hubungan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah ,mari untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini;

Pengertian tentang Hubungan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah Paling Lengkap
Pengertian tentang Hubungan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah Paling Lengkap


Pengertian tentang Hubungan Fungsional Pmrintah Pusat dan Daerah 

Pada dasarnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah memilki hubungan kewenangan yang saling melengkapi satu sama lain. Hubungan tersebut terletakpada visi,misi,tujuan dan fungsinya masing-masing.
Visi dan misi kedua lembaga ini,baik ditingkatlokal maupun nasional adalah melindungi serta memberiruang kebebasan kepada daerah untuk mengelola dan mengurus rumah tangga sendiri berdasarkan kondisi dan kemampuan daerah.

Adapun tujuanya adalah untuk melayani masyarakat secara adil dan merata dalam berbagai aspek kehidupan. Fungsi pemerintah pusat dan daerah adalah sebagai pelayan,pengatur dan pemberdaya masyarakat. Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi,kabupaten dan kota atau antar provinsi dan kabupaten diatur dalam undang-undang dalam memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah. Hubungan keuangan,pelayanan umum,pemanfaatan sumber daya alam,dan sumber daya lainya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah diatur dan dilaksanakan secara adil dan selaras berdasarkan undang undang.

Penyelenggaraan urusan pemerintahan dibagi berdasarkan kriteria eksternalitas,akuntabilitasdan efisiensi dengan memperhatikan keserasian hubungan antar susunan pemerintah . Urusan pemerintah yang yang menjadi kewenangan pemerintah daerah,yang diselenggarakan berdasarkan kriteria diatas terdiri atas urusan wajib dan urusan pilihan.

Kewenangan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah provinsi,kabupaten atau kota meripakan urusan dalam skala provinsi yang meliputi 16 urusan. Urusan pemerintah provinsi yang bersifat pilihan meliputi urusan pemerintah yang secara nyata ada dan berpontensiuntuk meningktkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi,kekhasan dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan.

Pemerintah daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintah memiliki hubungan dengan pemerintah pusat dan dengan pemerintah daerah lainya. Hubungan tersebut meliputi hubungan wewenang ,keuangan,pelayanan umum,pemanfaatan sumber daya alam,dan sumber daya lainya. Hubungan tersebut dan menimbulkan hubungan administrasi dan kewilayahan antarsusunan pemerintah.

Demikianlah penjelasan diatas semogadapat bermanfaat dan bisa menjadi sumber pengetahuan bagi pembaca semua. Terimakasih



0 Response to " Pengertian tentang Hubungan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel