Penjelasan tentang Algoritma Paling Lengkap

Penjelasan tentang Algoritma Paling Lengkap - Hai sahabat pembaca semua. Pada kesempatan yang baik ini penulis akan mengajak kembali sahabat untuk mengulas materi mengenai Algoritma.

Langsung saja yuk simak ulasan materi berikut !

Penjelasan tentang Algoritma Paling Lengkap
Penjelasan tentang Algoritma Paling Lengkap


Pengertian algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Ditinjau dari asal usul kata, kata algoritma mempunyai sejarah yang unik, kata ini tidak ada dalam kamus webster sampai akhir tahun 1957. Orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses berhitung dengan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata algorism ini, namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya, para ahli sejarah matematika menemukan asal mula kata tersebut. Kata algorism berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal, Al-Khawarizmi. Orang barat membaca nya algorism. 

Al-Khawarizmi menulis buku yang berjudul “Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah” yang artinya “buku perbaikan dan pengurangan”. Dari buku judul itu, kita juga memperoleh akar kata “Aljabar”. Perubahan dari kata algorism menjadi algorithm muncul karena kata algirism sering dikelirukan dengan arithmetic sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Seiring dengan perkembangan  perhitungan dengan angka arab, lambat laun kata algorithm berangsur-angsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum sehingga kehilangan makna aslinya. Dalam bahasa indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma. Dalam matematika, algoritma sering digunakan dalam bahasa pemrograman komputer yang lebih dikenal sebagai bahasa pascal. 

Sebagai contoh algoritma berikut.

Algoritma mempertukarkan nilai dari dua peubah.
Diberikan dua peubah , x dan y. Nilai x dan y dipertukarkan sehingga x akan berisi nilai y, sedangkan y akan berisi nilai x.
Misalnya:
Sebelum pertukaran: x = 10 dan y = 8
Setelah pertukaran: x = 8 dan y = 10
Dalam operasi pertukaran ini, kita membutuhkan sebuah peubah bantu, temp,sebagai tempat menampung sementara nilai dari salah satu peubah (x atau y). 
Algoritma pertukaran tersebut sebagai berikut.


Prosedur Tukar (input/output x, y : integer)
Mempertukarkan nilai x dan y
Masukan: x dan y
Keluaran: x dan y



Demikian ulasan materi yang dapat penulis sampaikan mengenai algoritma. semoga sahabat pembaca dapat menambah ilmu serta wawasan dan bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca. Selamat bertemu di artikel selanjutnya .Terimakasih 


0 Response to "Penjelasan tentang Algoritma Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel