Penjelasan tentang Asas Wawasan Nusantara Paling Lengkap

Penjelasan Asas Wawasan Nusantara Paling Lengkap - Halo sahabat pembaca semua,bagaimana kabarnya?masihtetap semangat ya belajarnya, semoga tulisan yang penulisin sajikan dapat membantu sahabat semua dalam proses belajar, tetap stay disini ya,karena setiap harinyapenulis akan memberikan materi materi baru yang dapat pembacalihat sebagai tambahan refrensi pengetahuan.
Pada kesempatan kaliinipenulisakan memberikan penjelasan materitentang"Penjelasan Wawasan Nusantara Paling Lengkap" untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan dibawah ini;

Penjelasan Asas Wawasan Nusantara Paling Lengkap
Penjelasan Asas Wawasan Nusantara Paling Lengkap


Asas Wawasan Nusantara 

asas wawasan nusanatara merupakan ketentuan atau kaidah dsar yang harus dipatuhi ,dipelihara,dan diciptakan demi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama, Jika asas Wawasan Nusantara diabaikan,komponen pembentuk kesepakatan bersama akan melanggar kesepakatan bersama tersebut yang berarti tercerai berainya bangsa dan negara Indonesia. Adapun asas wawasan Nusantaraa tersebut  adalah sebagai berikut;

a. Kepentingan yang sama ,ketika menegakan dan merebut kemerdekaan ,kepentingan bersama bangsa Indonesia adalah menghadapi penjajah secara fisik dari bangsa lain. Sekarang,bangsa Indonesia harus mengahadapi penjajahan yang berbeda,Misalnya ,dengan cara"adu domba" dan "memecah belah" bangsa dengan menggunakan dalil HAM,demokrasi,dan lingkungan hidup. Padahal ,tujuan kepentingan nya sama yaitu tercapainya kesejahteraan dan rasa aman yang lebih baik daripada sebelumnya.

b.Keadilan,Kesesuaian pembagian hasil dengan adil,jerih payah,dan kegiatan baik perorangan,golongan,kelompok maupun daerah.

c. Kejujuran,keberanian,berfikir,berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita atau ketentuan yang benar biarpun realita atau ketentuan itu pahit atau ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya,demi kebenaran dan kemajuan bangsa dan negara,hal itu harus dilakukan.

d. Solidaritas. Diperlakukan kerja sama,mau memberi,dan berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing .

e. Kerja sama,Adanya Koordinasi,saling pengertian yang didasarkan atas kesetaraan sehingga kerja kelompokkecil maupun besar dapat mencapai sinergi yang lebih baik.

f. Kesetian terhadap kesepakatan bersama untuk menjadi bangsa dan mendirikan negara Indonesia yang dimulai,dicetuskan,dan dirintis oleh Boedi Oetomo Tahun 1908,Sumpah Pemuda Tahun 1928 dan proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Kesetian terhadap kesepakatan ini sangat penting dan menjadi tonggak utama terciptanya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaaan,jika kesetian ini goyah,dapat dipastikan persatuan dan kesatuan akan hancur berantakan.

Demikianlah penjelasan tentang"Penjelasan Asas Wawasan Nusantara Paling Lengkap" semogadapat bermanfaat ya,dan menjadi motivasi pembaca semua. Terimkasih

0 Response to "Penjelasan tentang Asas Wawasan Nusantara Paling Lengkap"

Post a Comment

Apa tanggapan anda tentang artikel diatas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel